Beranda Ramadan Jelang Mudik, Kapolda Minta Semua Akses ke Banten Jadi Perhatian

Jelang Mudik, Kapolda Minta Semua Akses ke Banten Jadi Perhatian

Suasana rapat persiapan pengamanan Idul Fitri. (Wahyu/bantennews)

 

SERANG – Menghadapi mudik Idul Fitri 1440 hijriah, Kepolisian Daerah Provinsi Banten menggelar rapat koordinasi Operasi Ketupat Kalimaya 2019, Senin (20/5/2019). Persiapan demi persiapan menjadi pembahasan dalam rapat kordinasi eksternal dengan pemangku kepentingan.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menguraikan beberapa potensi pengamanan sekaligus pengawasan yang tidak boleh diabaikan anggota saat bertugas. Mulai dari keberadaan pelabuhan tikus yang berpotensi masuknya barang-barang dan manusia ke Banten, juga jalur-jalur tengkorak di Banten yang rawan akan kecelakaan lalu lintas.

“Saya ingatkan bahwa di Banten bukan hanya di Merak pelabuhannya. Tapi ada pelabuhan kecil-kecil, jangan sampe kurang diwaspadai. Kita harus perhitungkan,” kata Kapolda Banten dalam pemaparannya.

Lebih lanjut, mengenai angka kecelakaan lalu lintas, ia berpesan agar menekan angka tersebut. Selain itu kondisi alam dan cuaca juga harus menjadi perhatian. “Pohon tumbang di jalur utama, meski hanya pohon tumbang tapi efeknya sangat luar biasa dan mengganggu arus lalulintas,” ujarnya.

Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi hal tersebut, Kapolda berpesan agar menyiapkan alat berat yang bisa digunakan dalam kondisi tertentu. “Rakor ini harus dimanfaatkan untuk menyiapkan hal-hal kecil ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda juga menyemangati seluruh jajaran dan pemangku kepentingan agar sabar dan profesional dalam menjalankan tugas. “Rasa lelah dan berkurangnya (waktu) kumpul bersama keluarga semoga menjadi bagian dari ibadah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda juga berpesan agar seluruh personel yang bertugas dalam Operasi Ketupat Kalimaya 2019 menjaga keselamatan dan kesehatan.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melihat kerja pengamanan Operasi Ketupat Kalimaya 2019 kali ini kian kompleks dan membutuhkan peran semua pihak. Momentum pemilu yang dilanjutkan dengan Idul Fitri menciptakan dinamika di tengah masyarakat Banten. “Perlu konsentrasi dan kewaspadaan untuk menciptakan kondusifitas dan ketertiban masyarakat Banten,” kata Andika. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ