Beranda Hukum Jelang Libur Nataru di Banten, Kapolda Ingatkan Soal Prokes di Tempat Wisata

Jelang Libur Nataru di Banten, Kapolda Ingatkan Soal Prokes di Tempat Wisata

Zoom Meeting Rakor Eksternal Operasi Lilin Kalimaya 2020 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021, bersama Forkpimda Kabupaten Serang, Senin (14/12/2020).

SERANG – Sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata dan diprediksi akan dipadati wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru 2021, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar mengingatkan kembali kepada jajaran agar seluruh personel yang bertugas di lapangan untuk mengutamakan dan menggalakkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kita sampai saat ini masih dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat. Jadi mohon di lapangan arahkan betul anggota untuk memedomani prokes di masa pandemi ini,” kata Kapolda dalam Zoom Meeting Rakor Eksternal Operasi Lilin Kalimaya 2020 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021, bersama Forkpimda Kabupaten Serang, Senin (14/12/2020).

Zoom meeting yang berlangsung di Aula Mapolres Serang diikuti Kapolres Serang AKBP Mariyono, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Soehardono, Kadishub Kabupaten Serang Hedi Tahap, Wakapolres Serang Kompol Didid Imawan, PJU Polres Serang, Kasi Data Informasi BMKG Serang Tarjono serta Kabid Damkar BPBD Serang, Yusan.

Menurut Kapolda, pengamanan menghadapi natal dan tahun baru saat ini berbeda dengan sebelumnya dikarenakan sedang pandemi Covid-19 maka dari itu lakukan pembatasan. Kata Kapolda, jelang pergantian tahun lakukan monitoring tempat pariwisata di masing-masing wilayahnya sehingga tidak terjadi kerumunan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda, negara sudah berupaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19 dengan total anggaran hampir Rp750 triliun. Maka dari itu jangan biarkan oknum-oknum yang belum menerapkan prokes dibiarkan begitu saja.

“Oleh karena itu, dalam menanggulangi pandemi Covid-19 sangat perlu kerja sama yang baik dengan instansi terkait sehingga dapat meminimalisir penyebaran di wilayah hukum Polda Banten. Saya tekankan tidak ada izin keramaian masyarakat yang mengundang kerumunan,” tandasnya.

Kapolda menjelaskan dalam pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polda Banten tidak dapat mengamankan sendiri. Oleh karena itu diperlukan kerja sama yang baik serta dukungan penuh dari TNI, maupun instansi terkait lainnya.

“Tujuannya agar pelaksanaan Operasi Lilin Kalimaya 2020 dapat berjalan dengan lancar dan aman, khususnya dalam hal pengamanan gereja, agar dalam pelaksanaan Natal berjalan dengan hikmat,” tambah Fiandar.

Sementara Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan pengamanan menghadapi natal dan tahun baru saat ini berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan sedang pandemi Covid19, untuk itu pihaknya akan melakukan pembatasan.

“Kapolda sudah menyampaikan jika negara sudah berupaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19 dengan total anggaran hampir Rp750 triliun, oleh karena kami siap melaksanakan protokol kesehatan di wilayah hukum Polres Serang. Selain protokol kesehatan, bersama instansi terkait, juga akan dilakukan pengamanan jalur agar masyarakat yang berlibur merasa aman, nyaman dan lancar,” katanya.

(You/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ