Beranda Peristiwa Jelang Idul Adha Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan

Jelang Idul Adha Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan

98
0
Pedagang hewan kurban sudah mulai bermunculan dan menjajakan dagangannya di beberapa ruas jalan raya di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. (Fotografer: Ali/BantenNews.co.id)

LEBAK – Kendati hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah masih beberapa pekan kedepan, pedagang hewan kurban sudah mulai bermunculan dan menjajakan dagangannya di beberapa ruas jalan raya di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Para pedagang hewan kurban musiman ini menggelar dagangan mulai dari Jalan Siliwangi Pasir Ona, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Cipanas Raya, Jalan Otto Iskandar Dinata, Jalan Rangkasbitung – Pandeglang.

Menurut Yana, salah satu pedagang yang menggelar dagangannya di Jalan Siliwangi menuturkan hewan kurban yang ia jual hanya jenis domba saja. Domba-domba tersebut ia datangkan dari wilayah Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

“Saya hanya menjual jenis kambing domba saja, karena domba lebih banyak peminatnya dibandingkan dengan kambing biasa.” Kata Yana kepada BantenNews.co.id, Jumat (27/072018).

Harga domba mulai Rp1,7 juta hingga Rp2 juta sampai Rp5 juta. Ada juga domba super yang harganya Rp7 juta sampai Rp8 juta per ekornya.

Sementara itu, Ato, salah satu pedagang lainya mengatakan biasanya pembeli datang ke lapaknya mencari hewan kurban. Pembeli tidak langsung membawa kambing kurban, tetapi akan menitipkan dulu di lapaknya.

Biasanya, kata dia, pembeli juga harus memberikan biaya tambahan untuk biaya perawatan dan biaya pakan hingga satu hari menjelang Idul Adha.

“Alhamdulilah sudah ada sekitar 10 ekor domba yang sudah dibooking orang,” kata Ato.

Ato menambahkan permintaan hewan kurban akan meningkat jika sudah mendekati perayaan Idul Adha.
Biasanya harga domba pun akan mengalami kenaikan sekitar 30 sampai 40 persen. (Tra/Ali/Red)

loading...