Beranda Pemerintahan Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Alami Kenaikan

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Alami Kenaikan

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Harga hewan kurban jenis kambing dan domba menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini mengalami kenaikan dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta per ekor. Kenaikan harga itu untuk kambing dan domba ukuran kecil dan sedang.Namun, untuk ukuran besar harganya masih relatif stabil di kisaran Rp6 juta per ekor.

Dadang, salah satu pedagang hewan kurban di Jalan Syeh Nawawi Al Bantani, Curug, Kota Serang, Provinsi Banten mengaku, kenaikan harga tahun ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

“Kenaikan harga domba itu Rp500 ribu hingga Rp1 juta per ekor, yang biasanya saya jual Rp3 juta sekarang saya jual Ro3,5 juta,” katanya, Selasa (27/6/2023).

Sedangkan untuk harga kambing atau domba yang berukuran besar, lanjut Dadang, masih relatif stabil bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kalau yang besar relatif stabil di saya, yang terbesar saja saya hanya jual sekitar Rp6 juta,” katanya.

Untuk harga sapi, ujar Dadang, hingga saat ini masih normal seperti tahun sebelumnya.

“Sapi relatif normal dari tahun kemarin dan sampai sekarang harganya biasa saja mulai dari Rp18 juta sampai Rp38 juta,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, Agus M Tauchid menilai dengan adanya kenaikan harga untuk hewan kurban kambing dan domba tersebut, membuat volume permintaan hewan kurban sapi meningkat.

“Dari informasi yang diterima bahwa tahun ini penjualan sapi sedikit lebih banyak bila dibandingkan dengan kambing dan domba, itu terjadi karena kambing dan domba mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan tahun kemarin,” ujarnya.

Agus juga memprediksi kebutuhan hewan kurban Idul Adha di Provinsi Banten pada tahun 2023 ini mencapai 73.442 ekor.

“Untuk kebutuhan sapi potong 15.316 ekor, kerbau 1.341 ekor, kambing 30.522 ekor, dan domba 26.263 ekor,” ujarnya.

(Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini