Beranda Cinta Jangan Terlalu Bersedih, Ini Respons Terbaik Orang yang Menyakitimu

Jangan Terlalu Bersedih, Ini Respons Terbaik Orang yang Menyakitimu

62
0
Ilustrasi - foto istimewa Bintang.com

Rasa sakit hati dan tersinggung tentu akan muncul disitusi saat orang berkata kasar padamu. Namun, jangan terus membiarkan emosi negatif ini karena nantinya malah merugikan dirimu sendiri secara psikis dan fisik. Kamu memang tidak bisa mengontrol tindakan dan perkataan dari orang-orang yang menyakitimu, tapi kamu bisa memilih reaksimu terhadap mereka.

Inilah 5 respon terbaik menghadapi orang-orang yang menyakitmu perasaaanmu seperti dilansir rimma.co.

1. Menyadari bahwa sikap yang mereka tunjukkan padamu merefleksikan permasalahan atau kepribadian mereka, bukan dirimu

Setiap orang pernah mengalami bad day.Mungkin saja saat itu adalah hari yang buruk untuk mereka sehingga mereka terlihat jutek atau berkata kasar padamu. Selain merefleksikan permasalahan mereka sendiri, cara mereka bersikap dan berkata juga dapat merefleksikan kepribadian mereka. Jika kamu berkata baik dan mencoba bersabar menghadapi mereka, tapi masih tetap dibalas dengan tindakan yang sama, maka jauhilah orang-orang seperti ini.

2. Jangan dengarkan bagian ucapan mereka yang menjatuhkanmu, tapi petik pelajaran dari yang bisa membangunmu

Jika ada orang yang meremehkan atau mengkritisimu, jangan langsung down. Abaikan saja ucapan yang menjatuhkan, tapi ambil pelajaran yang bisa membangunmu jadi pribadi yang lebih baik, meski cara penyampaian mereka membuatmu sakit hati.

3. Melihat dari perspektif yang berbeda dengan membayangkan berada di posisinya

Cobalah untuk lebih dulu memahami mereka dengan membayangkan berada di posisinya. Dengan memposisikan diri sebagai orang luar dan melihat secara objektif, apakah keputusan atau tindakanmu yang dikomentarinya memang sudah tepat dan tidak merugikan orang lain?

4. Menyadari bahwa kamu tak akan pernah bisa menyenangkan semua orang

Tak peduli apa yang kamu lakukan atau katakan, akan selalu ada orang-orang yang mengkritik atau tak menyukaimu. Jika hal ini yang terjadi, permasalahannya bukanlah pada dirimu, melainkan ada dalam diri mereka. Tetaplah menjadi dirimu sendiri, girls.

5. Tak usah ambil hati dengan ucapan si perfeksionis

Mungkin ucapan teman atau atasanmu yang perfeksionis menyakitimu karena kamu dianggap banyak melakukan kesalahan. Tapi, tak usah terlalu diambil hati ucapan mereka itu. Hal yang harus kamu tahu adalah kita tidak akan pernah tumbuh dan belajar kalau gak pernah mengalami kesalahan. (Red)