Beranda Gaya Hidup Jangan Selalu Menggantungkan Hidup pada Orang Lain, Ini Alasannya!

Jangan Selalu Menggantungkan Hidup pada Orang Lain, Ini Alasannya!

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Jika saat ini kamu masih hidup bersama orangtua. Syukurlah, hidupmu masih jauh lebih mudah dibanding mereka yang sedang mengadu nasib di perantauan yang di mana harus menggantungkan hidup semuanya seorang diri.

Apalagi jika orangtuamu tipe yang protektif pada anaknya, yang selalu siap mendampingi dan menemanimu kapanpun kamu butuh bantuan mereka. Yang pastikamu akan selalu merasa aman dan nyaman saat berada didekat mereka.

Meski begitu, kamu juga perlu belajar dan membiasakan diri untuk tidak terlalu menggantungkan hidup pada orang-orang terdekatmu lho. Sebab ini 5 alasannya!

1. Tidak ada seorangpun yang nantinya akan selalu ada untukmu selama 24 jam

Ketika kamu semakin dewasa, kamu akan sadar bahwa tidak ada seorangpun yang bakal selalu ada untukmu setiap saat. Karena fase hidup seseorang tentu akan berubah. Dan gak selamanya kita akan selalu bisa bergantung pada orang lain. Maka dari itu, sejak usia remaja, gak ada salahnya jika kamu mencoba untuk belajar hidup mandiri dan belajar bertanggungjawab pada diri sendiri agar dikehidupan masa depan kamu tidak akan merasa bingung dan kaget lagi.

2. Terlalu menggantungkan hidup pada orang lain hanya akan membuatmu mendapat kekecewaan

Ya, karena tidak ada seorangpun yang nantinya bakal selalu ada disisimu disaat kamu butuh. Maka dari itu, belajar hidup mandiri sejak remaja itu penting sekali untuk dibiasakan, agar kelak kamu gak mendapat kekecewaan karena terlalu sering menaruh harapan pada orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Ini Bisa Latih Kamu Jadi Sosok yang Lebih Mandiri

3. Hidupmu tidak akan ada kemajuan

Seseorang yang selalu menggantungkan hidup pada orang lain tentu hanya akan menjadi orang yang pasif karena hanya gemar menunggu dengan membawa perasan harap-harap cemas, sehingga kebiasaan ini akan membuat dirimu jadi tidak ada kemajuan.

4. Tetap ada masanya di mana kamu memang harus mengandalkan diri sendiri

Mau gak mau, suka gak suka tetap akan ada masanya dimana kamu nantinya bakal harus mengandalkan diri sendiri tanpa bantuan orang lain, karena kehidupan ini terus berjalan.

Maka dari itu membiasakan diri untuk tidak bergantung pada orang lain perlu ditanamkan dan dibiasakan, tak lain untuk kebaikan diri sendiri kedepannya.

5. Kamu nantinya akan merasa susah sendiri

Terlalu mengandalkan orang lain disetiap kesempatan akan membuatmu susah sendiri nantinya karena kamu akan selalu menunggu dan berharap. Ketika orang tersebut gak bisa memenuhi ekspektasimu. Kamu akan merasa sulit sendiri yang akhirnya berakhir pada rasa kecewa.

Maka dari itu, yuk belajar untuk jadi orang yang mandiri dari sekarang! (Red)

Sumber : IDN Times