Beranda Olahraga Jangan Salah Pilih, Ini 5 Jenis Sepatu Olahraga yang Wajib Kamu Ketahui...

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Jenis Sepatu Olahraga yang Wajib Kamu Ketahui  

1003
0
Sumber : cayugatrails50.com

SERANG – Tak semua jenis sepatu untuk olahraga sama, mereka memiliki ciri khas masing-masing. Oleh sebab itu, kamu harus cermat dalam memilihnya supaya tidak terjadi cedera dan nyaman saat dipakai. Dalam pembuatan sepatu ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan dari aktivitas masing-masing olahraganya. Mereka mendesain sepatu sesuai dengan bobot serta tekanan frekuensi.

Sepatu olahraga atau yang lebih hypenya disebut dengan sneaker ini didesain khusus dalam olahraga maupun bentuk latihan fisik lainnya. Tak hanya untuk olahraga, pada umumnya banyak juga yang menggunakan sneakers untuk aktivitas harian serta outfit casual. Kebanyakan sneakers terbuat dari bahan sintetis bersole fleksibel. Sedangkan untuk bagian atasnya tak jauh berbeda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa jenis sepatu sesuai dengan cabang olahraganya. Langsung saja yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Sepatu Lari

Sumber : pinterest.id

Seperti namanya, sepatu ini cocok digunakan untuk aktivitas lari. Jenis sepatu lari ini biasanya menggunakan material empuk supaya nyaman dipakai. Selain itu, hal ini bertujuan untuk menyerap guncangan dan berbobot ringan. Running shoes ini berbeda dengan sepatu lari yang digunakan untuk perlombaan maupun track shoes. Track shoes terbagi menjadi dua jenis, yaitu racing flats dan racing spikes. Running shoes yang memiliki desain ramping bernama Racing flats. Didesain mampu membebani berat menjadi sekecil mungkin, tipe sepatu ini hadir dengan setengah bantalan.

 

2. Sepatu sepak bola

Sumber : pinterest.com

Dengan desain yang dapat membantu para pemain supaya lebih mudah berbelok, mengubah arah, mengoper dan menendang, inilah sepatu sepak bola. Outsole dari sepatu ini didesain berpaku, memiliki bantalan kecil serta untuk mengontrol kaki biasanya tidak terdapat lengkungan pada sepatu ini. Seperti sepatu lari, ada dua tipe untuk sepatu sepak bola ini, yakni lapangan keras dan lembut.

 

3. Sepatu Futsal

Sumber : pinterest.com

Sepatu futsal merupakan salah satu jenis sepatu yang terbuat dari perpaduan sepatu sepak bola dan olahraga dalam ruangan. Atasan atau biasa disebut upper dari sepatu ini desainnya mirip dengan sepatu sepakbola, tetapi untuk outsole nya dibuat menyerupai sepatu voli atau badminton.

 

4. Sepatu tenis

Sumber : pinterest.com

Didesain dengan penopang setengah kaki, hal ini bertujuan untuk pergerakan melebar ke samping, cengkraman dan pendukung pada mata kaki. Hadir dengan profil rendah, sepatu tenis ini bertujuan supaya kontaknya lebih baik dengan permukaan lapangan. Ciri lain dari sepatu ini adalah memiliki bantalan pada bagian depan dan belakang, cengkraman sole tepat untuk berbagai permukaan serta karet yang tahan lama. Untuk olahraga squash maupun badminton yang berada di dalam ruangan, biasanya pada sepatunya terdapat sebuah karet sole, bobot yang lebih ringan serta bagian upper tebal.

 

5. Sepatu basket

Sumber : pinterest.com

Didesain untuk mengurangi cedera otot pada pergelangan kaki, inilah sepatu basket. Hal ini karena olahraga basket lebih mengandalkan pergerakan yang sangat cepat mulai dari berlari, melompat maupun berganti arah. Tingkat kestabilan dari sepatu ini terbilang tinggi, material yang lebih berat, berbentuk kaku serta sole yang terlihat lebih lebar dan keras. Untuk memudahkan pengguna saat berputar arah, beberapa sepatu basket biasanya terdapat sebuah pivot point.

Itulah 5 jenis sepatu yang didesain khusus sesuai dengan kegunaannya. Jadi, kamu tidak boleh sembarangan saat memilih sepatu, pastikan pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan. Kamu bisa mendapatkan beberapa jenis sepatu dengan harga terjangkau di Shopee.

Nah, buat kamu yang ingin belanja produk dengan pembayaran COD, saat ini Shopee sedang mengadakan promo Shopee Cash On Delivery! Selain itu kamu bisa juga mendapatkan voucher Gratis Ongkir Rp 0. Tunggu apalagi? Yuk, buruan langsung masuk ke aplikasinya dan check out belanjaan kamu sekarang juga!

(Red)