Beranda Gaya Hidup Jangan Olahraga Berlebihan, Ini Lho 6 Efeknya pada Tubuh dan Mental

Jangan Olahraga Berlebihan, Ini Lho 6 Efeknya pada Tubuh dan Mental

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

BANTEN – Olahraga adalah langkah efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Tapi, Anda juga tidak boleh melakukan olahraga berlebihan.

Olahraga berlebihan tanpa lelah dan terlalu berat juga bisa membahayakan kesehatan dan kesejahteraan tubuh.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa tanda-tanda Anda telah olahraga berlebihan dan terlalu berat.

1. Performa menurun

Anda mengalami penurunan kecepatan kinerja, lebih mudah berkeringat atau berdebar-debar ketika olahraga. Kondisi ini merupakan indikasi bagi tubuh Anda untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan keringat di luar kapasitas Anda.

2. Energi menurun

Olahraga berlebihan setiap hari dapat menyebabkan kelelahan, yang mengganggu fungsi keseluruhan tubuh Anda. Olahraga berat juga menyebabkan periode istirahat yang lebih lama, sehingga berdampak buruk pada rutinitas harian Anda.

Terlalu sering olahraga juga dapat mengakibatkan cedera, yang mengakibatkan kurangnya motivasi atau kelelahan.

3. Picu masalah kesehatan mental

Sebuah studi berbasis penelitian dari Preventive Medicine mengatakan bahwa berolahraga selama lebih dari 7,5 jam seminggu dapat menyebabkan gangguan mental, seperti kecemasan dan depresi.

Saat tubuh Anda telah didorong melampaui batasnya, Anda dapat mengalami ketidakpastian, kemarahan, agresi, dan volatilitas.

4. Insomnia

Olahraga seharusnya dapat membantu Anda merasa rileks dan memberi Anda tidur malam yang nyenyak.

Tapi, olahraga berlebihan dapat merangsang hormon stres Anda, seperti kortisol dan adrenalin. Gairah hormon tersebut dapat menyebabkan malam tanpa tidur.

5. Menyakitkan

Jika Anda tidak rileks dan meremajakan tubuh, Anda dapat mengalami banyak rasa sakit dan nyeri karena otot Anda tidak punya cukup waktu untuk pulih.

Kondisi ini bisa memengaruhi tugas harian Anda dan dapat membuat Anda merasa lesu hampir sepanjang hari.

Olahraga interval intensitas tinggi (HIIT) untuk waktu yang lama dapat mengencangkan otot Anda dan ini akan menyakitkan.

6. Siklus haid tidak teratur

Berolahraga secara berlebihan juga dapat berdampak negatif pada kesehatan menstruasi Anda, yang dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Kondisi ini disebut amenore alias anoreksia akibat olahraga. Kondisi ini diikuti oleh jumlah energi yang rendah dalam tubuh karena tidak cukup makan.

Amenore menurunkan tingkat metabolisme Anda ke tingkat sedemikian rupa sehingga mencegah tubuh Anda berovulasi dan konsumsi energi. (Red)