Beranda Uncategorized Jangan Malas Bangun Pagi, Ini Manfaatnya

Jangan Malas Bangun Pagi, Ini Manfaatnya

(Sumber foto: vemale.com)

Jakarta – Bangun di pagi hari merupakan salah satu gaya hidup sehat dan memiliki banyak manfaat. Namun masih banyak orang yang malas bangun pagi.

Bangun pagi sebaiknya dimulai dari sebelum matahari terbit atau pukul 05.00. Tidak ada salahnya bila Anda mulai mencoba bangun di pagi hari. Simak 20 manfaat bangun di pagi hari berikut ini.

1. Tubuh Segar
Saat mulai mencoba bangun di pagi hari maka tubuh akan terasa lebih segar. Ini dikarenakan tubuh menghirup udara segar yaitu oksigen yang belum tercampur polusi udara, seperti asap dari kendaraan atau limbah pabrik. Apalagi bila ditambah dengan berolah raga di pagi hari, tubuh akan menjadi segar dan bugar.

2. Mendapatkan Udara Segar
Udara di pagi hari jelas berbeda dengan udara di siang atau malam hari. Udara segar di pagi hari sangat baik untuk pernapasan dan kesehatan tubuh yang sangat berpengaaruh terhadap aktivitas Anda sehari-hari.

3. Melancarkan Peredaran Darah
Udara segar yang masih kaya oksigen di pagi hari sangatlah penting bagi peredaran darah dalam tubuh. Dengan menghirup udara segar maka akan menambah kadar oksigen dalam darah yang juga membuat aliran darah lancar.

4. Otak Berfungsi Maksimal
Aliran peredaran darah yang maksimal dan kandungan oksigen yang baik dalam darah akan mengalir ke otak. Proses ini akan membantu meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.

5. Meningkatkan Daya Ingat
Jika otak berfungsi secara maksimal maka memori otak akan meningkat juga. Maka dari itu orang yang sering bangun pagi dan menghirup udara segar akan lebih kecil kemungkinan terkena gejala pikun dibandingkan dengan orang yang bangun siang hari.

6. Menyehatkan Paru-Paru
Bila Anda menghirup udara segar di pagi hari yang bersih dan belum terkena polusi tentu sangat baik bagi organ tubuh terlebih lagi paru-paru.

7. Menyehatkan Jantung
Jika peredaran darah menjadi lancar dan tingkat oksigen dalam darah baik maka organ lainnya juga ikut menjadi sehat, seperti jantung. Banyak gangguan pada jantung dikarenkan aliran darah dan oksigen yang sedikit dan terhambat. Dengan bangun di pagi hari dan menghirup udara segar maka jantung akan bekerja secara maksimal.

8. Sistem Imun Meningkat
Sistem imun atau kekebalan tubuh akan semakin meningkat bila Anda rutin bangun pagi. Ini dikarenakan udara pagi sangat bagus untuk pembentukan antibodi yang maksimal sehingga pembentukan sistem imun meningkat.

9. Terhindar dari Penyakit Kuning
Sinar matahari di pagi hari sangat bermanfaat bagi pembentukan vitamin D. Pukul 5.30 hingga 9.00 pagi adalah jam yang baik dengan kualitas sinar matahari yang baik. Lewat dari jam 9 pagi maka sinar matahari sangat berbahaya bagi kesehatan permukaan kulit.

Dengan menghirup udara segar dan membiarkan kulit terpapar sinar matahari pagi bisa membuat Anda terhindar dari penyakit kuning dan tulang. Itulah mengapa setiap anak bayi perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi karena penyakit kuning sangat rentan menyerang bayi. Penyakit kuning bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Tulang
Sinar matahari bukan hanya membantu pembentukan vitamin D namun juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalium sangat penting karena dapat menghindarkan Anda dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Maka berjemur pada pagi hari akan menghindari Anda dari osteoporosis.

11. Kulit Awet Muda
Sinar matahari pagi yang membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh dapat memaksimalkan peremajaan kulit. Kandungan vitamin D2 dan D3 juga bisa mencegah gangguan pada kulit.

12. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Vitamin D mengandung kalium dan kalsitriol. Kandungan kalsitriol sangat bermanfaat dalam metabolisme tubuh dan memaksimalkan proses penyerapan kalsium pada tulang.

13. Menyembukan Penyakit Osteomalacia
Sinar matahari pagi bisa mengobati penyakit osetomalacia. Penyakit ini sama dengan osteoporosis. Osteomalacia adalah proses pembentukan lapisan mineral yang ada di dalam tulang. Perbedaannya dengan penyakit osteoporosis adalah jika osteoporosis biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia, osteomalacia banyak terjadi pada orang dewasa dengan usia 20 tahun ke atas.

14. Membangkitkan Semangat
Secara psikologi, energi positif dalam tubuh dapat diciptakan dengan bagun pagi dan menghirup udara pagi hari. Semangat bangun di pagi hari jauh berbeda dengan orang yang bangun pada siang hari. Orang yang bangun pada pagi hari memiliki mimik yang berseri-seri karena bersemangat sedangkan orang yang bangun di siang hari cenderung berwajah lesu dan kurang bersemangat.

15. Produktivitas Meningkat
Produktivitas seseorang juga dipengaruhi oleh pola tidur. Bila tidur dengan cukup maka kemungkinan memiliki tingkat produktivitas yag maksimal. Maka dari itu tidur yang cukup dan bangun pagi adalah kunci utama.

16. Memiliki Mood yang Bagus
Manfaat dari bangun pagi adalah membentuk mood yang bagus. Ini disebabkan bangun pagi membantu dalam pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati dan juga keseimbangan mental di dalam tubuh. Cobalah untuk bangun pagi dan tebarkan tersenyum Anda. Selain meningkatkan mood, Anda memberikan pengaruh positif pada sekeliling Anda.

Terkadang bangun pagi sangat sulit dilakukan bila Anda tidak tidur teratur dan sering begadang. Tapi bila Anda tidur tepat waktu, bangun pagi akan menjadi kebiasaan sehat yang bisa Anda ajarkan ke anak-anak. (Detik.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini