Beranda Kesehatan Jangan Dibuang, Ini Manfaat Super dari Tinta Cumi-cumi

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Super dari Tinta Cumi-cumi

Masakan Cumi-cumi - foto istimewa tribunnews.com

Tinta Cumi-cumi ternyata banyak mengandung manfaat. Hewan sejenis cephalopoda ini mempunyai keunikannya yakni menyemprotkan tinta sebagai salah satu bentuk perlawanan kepada predator.

Dibalik keunikan dari tinta yang dihasilkan, ternyata banyak manfaat dari mengonsumsi tinta cumi-cumi.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat baik dari mengonsumsi tinta cumi-cumi, simak yuk apa saja! Berikut seperti dikutip dari IDN Times.

1. Sebagai anti kanker

Tinta cumi-cumi ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai salah satu zat anti kanker alami yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel tumor maupun pembuluh darah baru yang dapat menyebabkan tumor atau sel kanker baru karena sifat dari tinta cumi-cumi yaitu sebagai anti-angiogenic.

2. Memaksimalkan sel darah putih dalam tubuh

Tinta yang terdapat pada cumi-cumi juga memiliki manfaat baik dalam memaksimalkan kinerja sel darah putih dalam tubuh. Hal ini karena ternyata tinta cumi-cumi tersebut mampu mengaktifkan sel darah putih sehingga dapat berfungsi dengan baik dalam melawan penyakit yang terdapat dalam tubuh.

3. Kaya akan asam amino essensial

Kandungan dari tinta cumi-cumi ternyata sangat kaya akan asam amino essensialnya. Kandungan jenis ini merupakan sumber protein utama yang sangat bermanfaat bagi tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus melalui makanan dan nutrisi yang dikonsumsi. Kandungan asam amino essensial dari cumi-cumi berperan aktif dalam memproduksi hormon sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak.

4. Memberikan metabolisme yang baik

Tinta cumi-cumi memiliki kandungan taurin yang bermanfaat dalam memaksimalkan proses mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh. Hal ini lah yang sangat bermanfaat karena dengan mengonsumsi tinta cumi-cumi, maka akan mampu membuang lemak yang tertimbun sehingga dapat dikeluarkan dengan lancar melalui feses, keringat, maupun urin.

5. Mampu meningkatkan nafsu makan pada anak

Siapa yang menyangka bahwa tinta cumi-cumi ternyata mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Oleh sebab itu, tinta cumi-cumi tersebut mampu sebagai suplemen penambah nafsu makan alami dengan cara mencampurkan tinta cumi-cumi ke dalam makanan kesukaan anak-anak.

Nah, 5 manfaat dari tinta cumi-cumi di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar tidak perlu membuang tinta saat membersihkan cumi-cumi agar mampu memaksimalkan manfaat dari tinta tersebut. Bagaimana menurutmu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini