Beranda Kesehatan Jamu Ramuan Jokowi Mengandung Kunyit, Ternyata Bisa Mencegah Kanker

Jamu Ramuan Jokowi Mengandung Kunyit, Ternyata Bisa Mencegah Kanker

Ilustrasi - foto istimewa Nakita.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam video yang diunggah di akun resminya, mengatakan sudah meminum ramuan jamu itu sejak 18 tahun lalu. Jamu itu terdiri dari temulawak, jahe, dan kunyit menjadi bahan ramuan rahasia sang presiden.

“Saya rasa akan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri, he-he-he…,” katanya dilansir detik.com.

Salah satu bahan ramuan jamu Jokowi yang sering kita temui adalah kunyit. Tanaman kunyit tergolong keluarga Zingiberaceae yang berasal dari Asia Tenggara, dan diduga kuat berasal dari India dan Indo-Malaysia.

Kunyit mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri. Kurkuminoid inilah yang memberikan kesan warna kuning jingga pada tanaman ini. Selain 2 bahan utama tersebut, kunyit juga mengandung beberapa senyawa lain seperti pati, lemak, protein, kamfer, resin, damar, kalsium, dan zat besi.

Senyawa yang terkandung dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, dan antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan senyawa kurkuminoid dalam kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, dan mengurangi ukuran luka dari kanker. Oleh karena itu, kunyit memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor.

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan di NCBI, 44 pria dengan lesi atau luka di usus besar yang terkadang bisa berubah menjadi kanker kolorektal diberikan empat gram kunyit setiap harinya selama 30 hari. Hasilnya, jumlah lesi itu berkurang sebanyak 40 persen.

Tampaknya kunyit bisa digunakan bersamaan dengan pengobatan kanker lainnya suatu hari nanti. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini