Beranda Peristiwa Jalan Rusak Parah, Warga Carenang Udik Swadaya Perbaiki Jalan

Jalan Rusak Parah, Warga Carenang Udik Swadaya Perbaiki Jalan

Warga Desa Carenang Udik, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang mengeluhkan akses jalan desa yang rusak parah

KAB. SERANG – Warga Desa Carenang Udik, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang mengeluhkan akses jalan desa yang rusak parah. Jalan tersebut merupakan jalan penghubung antara Desa Carenang Udik dengan Desa Gabus.

Aji (21) salah satu warga Desa Carenang Udik mengatakan selama ini warga sekitar mencoba memperbaiki jalanan yang rusak parah tersebut dengan cara mengurug jalanan menggunakan sisa-sisa puing bangunan.

“Jalannya rusak parah, sudah beberapa tahun belum ada perbaikan. Jalanan akses utama Kampung Carenang dari arah Cikande Petey menuju Kampung Carenang. Saat ini ya pengurugan jalan atas swadaya masyarakat,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Senin (26/4/2021).

Dihubungi terpisah, Sekretaris Desa Carenang Udik, Madsuni Geri membenarkan adanya info perihal jalan rusak parah di desanya yang sudah terjadi sejak tahun 2015.

“Dulu pernah dibangun 2013 selagi ada program PNPM. Sampai sekarang belum pernah dibangun lagi. Saat 2015 kita masuk (menjabat) di desa dan baru terbangun sama dana desa sekitar 5 KM dari total 8 KM. Kita utamakan jalan yang wilayah padat penduduk dulu yang sangat banyak dilalui orang,” jelasnya.

Dijelaskan Madsuni, pada tahun 2020 tidak ada pembangunan di Desa Carenang Udik dikarenakan adanya refocusing dana untuk bantuan Covid-19.

“Di tahun 2020 tidak bisa membangun, dana tersebut harus dialihkan untuk bantuan Covid. Tapi desa sudah mengajukan proposal ke PU Kabupaten untuk mendapat bantuan dan sudah ada pengukuran dari pihak PU, belum tau kalau dibangunnya kapan,” kata Madsuni.

Madsuni menyebutkan ketika hujan jalanan yang sudah diurug menggunakan batu dan sisa-sisa puing oleh dirinya dan sejumlah warga Careang Udik akan hancur kembali.

“Betul diurug dengan puing-puing oleh warga dan saya juga beli batu buat urug jalan tersebut. Tapi kalau hanya sekadar diurug tanpa proses betonisasi yang ada tetap hancur lagi,” ujar Madsuni.

Warga Desa Carenang Udik dan perangkat desa berharap segera adanya perbaikan jalan agar akses jalanan yang menghubungkan antar desa tersebut dapat lancar dan tidak memakan korban.

(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News