Beranda Olahraga Jalan Panjang dan Terjal Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Jalan Panjang dan Terjal Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia - foto istimewa suara.com

SERANG – Perjalan Tim Indonesia masih panjang menuju Piala Dunia 2026 Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada usai memastikan diri lolos ke putaran kedua kualifikasi zona Asia.

Timnas Indonesia akan menghadapi lawan-lawan kuat di putaran kedua nanti, dan tentunya bakal menghadapi tim-tim raksasa Asia jika mampu lolos ke fase berikutnya. Selain itu, konsentrasi skuad Garuda juga bakal terpecah di tengah agenda padat ini.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kembali menang 6-0 atas Brunei Darussalam pada pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia fase pertama yang dimainkan di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023) malam.

Pada pertandingan leg pertama yang dimainkan di Jakarta pekan lalu, Sandy Walsh dan kawan-kawan juga menang dengan skor setengah lusin gol tanpa balas.

Penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka menyumbang dua gol yakni pada menit keenam dan 44, sedangkan satu gol lagi ditorehkan Egy Maulana Vikri pada menit ke-42.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia kembali menambah koleksi golnya sebanyak tiga gol, berkat gol penalti Witan Sulaeman pada menit ke-46, gol Rizky Ridho pada menit ke-63, dan gol pemain pengganti Ramadhan Sananta pada menit ke-81.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Timnnas Indonesia melaju ke fase kedua kualifikasi zona Asia. Pada fase ini, tim Merah Putih sudah ditunggu lawan-lawan kuat di Grup F yakni Irak, Vietnam, serta Filipina.

Perjalanan Panjang

Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2026 pada jeda internasional bulan depan.

Skuad Garuda akan melawat ke Irak pada 16 November 2023, sebelum menjamu Filipina pada 21 November.

Di tengah-tengah fokus bersaing di kualifikasi ini, Timnas Indonesia juga sudah dinanti turnamen penting nan prestisius Piala Asia 2023 yang akan dimainkan di Qatar mulai Januari 2024 nanti.

Uniknya, Timnas Indonesia di Piala Asia ini akan juga bertemu Irak dan Vietnam yang notebene merupakan lawan-lawan di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah agenda Piala Asia, Timnas Indonesia akan beruntun menghadapi Vietnam di lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia fase kedua pada jeda internasional Maret 2024 mendatang.

Berlangsung dalam enam matchday, Timnas Indonesia akan main home-away melawan Irak, Vietnam dan Filipina di Grup F ini

Dua tim teratas akan lolos ke fase ketiga sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

Bakal jadi tantangan yang sangat sulit bagi Timnas Indonesia, dan andaipun lolos, Timnas Indonesia hampir pasti akan bertemu tim-tim macan Asia macam Jepang, Iran ataupun Korea Selatan di fase ketiga nanti.

Total 18 tim dari putaran kedua akan lolos ke fase ketiga, dan akan dibagi menjadi tiga grup, setiap grup terdiri dari enam tim.

Tiap tim di grup akan main laga home-away. Dua tim teratas di masing-masing grup pada ronde ketiga akan dipastikan lolos ke fase grup Piala Dunia 2026.

Jadi, dari ronde ketiga ini akan dipilih enam tim yang lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim peringkat tiga dan empat di tiap grup akan menuju putaran keempat.

Jadi, akan ada enam tim yang melaju ke fase keempat. Di fase keempat ini, enam tim tersebut dibagi jadi dua grup lagi. Setiap grup terdiri dari 3 tim.

Tiap juara grup nantinya ‘auto’ lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara dua tim yang jadi runner-up (peringkat dua) pada grup di putaran keempat akan melaju ronde kelima.

Dua tim itu akan bertemu laga home-away, dan yang menang akan melaju ke kualifikasi antar-konfederasi.

Di kualifikasi antar-konfederasi ini, satu tim pemenang ronde kelima akan jadi perwakilan zona Asia, bersaing dengan satu tim dari masing-masing zona Afrika, Amerika Selatan, Oseania, serta dua tim dari CONCACAF untuk memperebutkan sisa dua tiket lolos ke Piala Dunia 2026.

Demikian potensi jalan panjang yang bisa dihadapi Timnas Indonesia jika mampu terus memetik hasil positif dalam rangkaian Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Kedua:

Matchday 1 (16/11/23) Irak vs INDONESIA

Matchday 2 (21/11/23) INDONESIA vs Filipina

Matchday 3 (21/3/24) INDONESIA vs Vietnam

Matchday 4 (26/3/24) Vietnam vs INDONESIA

Matchday 5 (6/6/24) INDONESIA vs Irak

Matchday 6 (11/6/24) Filipina vs INDONESIA

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini