Beranda Peristiwa Jalan Lembah Ciputat Timur Terancam Longsor, Ketua RT: Belum Ada Penanganan dari...

Jalan Lembah Ciputat Timur Terancam Longsor, Ketua RT: Belum Ada Penanganan dari Pemkot

Jalan Lembah 1, RT 04, RW 06, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur rusak.

TANGSEL – Pasca hujan lebat yang melanda Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Sabtu-Minggu lalu membuat beberapa fasilitas, di antaranya Jalan Lembah 1, RT 04, RW 06, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur menjadi rusak.

Nampak jalan tersebut terlihat retak parah. Ngerinya lagi, di samping jalan itu adalah sungai Pesanggrahan. Akibatnya, mau tidak mau, ketua RT setempat Akhya Rudin menutup akses jalan.

Saat ditemui Akhya mengatakan, ada sekitar 70 kepala keluarga yang tinggal di atas sungai tersebut, dimana keluarga-keluarga tersebut juga setiap harinya melewati jalan itu.

Dijelaskan Akhya, jalan sepanjang 100 meter yang sudah diaspal tersebut kini retak dan terancam longsor mengancam keselamatan warga.

“Tanah retaknya itu kelihatan pasca hujan deras dua hari lalu. Sebelumnya belum retak tanahnya. Warga disini khawatir, kalau turun hujan deras lagi bisa saja longsor ini,” ujar Akhya, Senin (22/2/2021).

Untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa, Akhya bersama warga sekitar memberikan batas patok menggunakan tali plastik sepanjang jalan yang tanahnya retak.

Dia juga mengaku, pihak Kelurahan Cirendeu sudah turun ke lokasi. Namun menurutnya hingga saat ini belum ada kelanjutannya.

“Kita butuh perhatian, dan cepat direalisasikan untuk menghindari longsor. Bukan cuma cek-cek aja ke lokasi, tapi nggak ada kelanjutannya. Apalagi ini satu-satunya akses jalan warga disini,” tuturnya sambil menunjuk ke arah tanah yang retak.

Akhya pun mengaku kejadian tanah retak baru yang pertama kalinya terjadi disini. Kalau banjir, dia bersama warga lainnya kerap terbiasa mengalaminya. Apalagi saat musim hujan dan banjir seperti sekarang.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, Chaerudin, mengaku akan meneruskan informasi tanah retak di Jalan Lembah 1, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel.

“Sudah saya terusin ke Pak Kadis PU. Terima kasih infonya om,” tuturnya singkat.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini