Beranda Pemerintahan Jalan di Desa Batuhideung Cimanggu Tidak Masuk Program Jakamantul

Jalan di Desa Batuhideung Cimanggu Tidak Masuk Program Jakamantul

Asep Rahmat, Kepala DPUPR Pandeglang. (IST)

PANDEGLANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat menegaskan bahwa jalan di Desa Batuhideung, Kecamatan Cimanggu tidak masuk dalam program Jalan Kabupaten Mantap Betul (Jakamantul).

Kata Asep, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pandeglang jalan di Desa Batuhideung tahun ini tidak masuk kategori pembangunan prioritas karena status jalannya bukan jalan kabupaten melainkan jalan desa.

“Statusnya jalannya bukan jalan kabupaten, memang sesuai dengan RPJMD kami fokus ke jalan kabupaten melalui program Jakamantul,” jelas Asep saat dihubungi Bantennews.co.id, Senin (30/5/2022).

Selain itu, Asep melanjutkan, saat ini pembangunan harus berdasarkan usulan dari masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dilanjutkan ke Musrenbang kecamatan hingga Musrenbang kabupaten. Selain usulan dari Musrenbang, pembangunan juga bisa dilakukan melalui usulan dewan yang diterima setelah melakukan reses.

“Tadi itu bagaimana usulan dari masyarakat lagi. Pas saya cek memang sudah diusulkan kata Camat Cimanggu melalui Musrenbang, nanti kami kawal usulan jalan tersebut. Sekarang ini lagi proses perencanaan program artinya lagi ada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),” katanya.

Asep mengaku sudah menerjunkan tim untuk mengecek langsung ke lapangan dan berkoodinasi dengan camat terkait permasalahan jalan di Desa Batuhideung. Hasilnya, jalan tersebut sudah masuk ke Musrenbang dan tinggal dikawal ke proses selanjutnya.

“Kami sudah cek perintahkan ke bawah untuk cek lokasi dan koordinasi dengan camat dan itu kata camat sudah masuk tinggal kita kawal prosesnya supaya menjadi program prioritas,” terangnya.

Dia juga berharap, selain dari program yang ada di PUPR, Desa Batuhideung juga melakukan usulan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD). Sebab di DPMPD juga ada program Jalan Desa Mantap Betul (Jadesmantul).

“Jadi ada namanya program Jakamantul dan ada juga program Jadesmantul jadi mudah-mudahan ada keseriusan dari desa buat masyarakat. Kalau kami memprioritaskan insyallah untuk tahun depan, sebab kalau tahun ini susah pintu masuknya. Intinya akan saya memprioritaskan jalan Desa Batuhideung sesuai ketentuan dan mekanisme yang berlaku,” tutupnya. (Med/Red)