Beranda Pemerintahan Jalan Cikumpay – Ciparay Lebak Bakal Dibangun

Jalan Cikumpay – Ciparay Lebak Bakal Dibangun

Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

LEBAK – Direktorat Jenderal Konsevasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak guna menata kawasan Gunung Luhur yang dikenal dengan “Negeri di atas awan” dan menjadi pusat perhatian wisatawan domestik maupun manca negara.

Rapat pembahasan pembangunan masjid dan fasilitasnya di blok Gunung Luhur Taman Halimun Gunung Salak (TNGHS) dihadiri langsung Dirjen KSDAE Wiratno, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Ade Sumardi, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al Muktabar, Kepala Balai TNGHS Awen Supranata dan beberapa pejabat dari Direktorat Kawasan Konservasi dan Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam KLHK.

Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Pemprov Banten dan Pemkab Lebak dalam melakukan pengembangan wisata yang ada di area TNGHS.

Dia berpesan agar berhati-hati dalam pengelolaannya karena hal itu masuk wilayah konservasi yang harus dijaga dengan baik.

“Pada prinsipnya KSDAE mendukung pengembangan wisata selama memenuhi peraturan yang berlaku. Ini kawasan konservasi dan ada macan tutul yang harus dilindungi, dan yang terpenting adalah bisa mengakomodir pemberdayaan masyarakat dan mendapatkan manfaat dari pengembangan wisata yang berkelanjutan,” kata Wiratno melalui siaran tertulis.

Diskusi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Ditjen KSDAE Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Senin (14/10/2019) itu merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Pemkab Lebak dengan TNGHS yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Rapat itu menghasilkan beberapa rumusan di antaranya Pemprov Banten berkomitmen akan membangun jalan Cikumpay-Ciparay Sepanjang 24,9 KM pada anggaran murni Tahun 2020.

Sebelumnya Pemprov Banten sudah merencanakan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan di wilayah selatan, khususnya jalan Cikumpay-Ciparay sepanjang 24,9 pada tahun 2020. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Banten Al-Muktabar dalam mengawali rapat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ