Beranda Opini Jahe Merah Dapat Obati Indra Penciuman yang Hilang

Jahe Merah Dapat Obati Indra Penciuman yang Hilang

Ilustrasi - foto istimewa

Oleh: Dimas Alvian Akil, Mahasiswa Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang

Sejak kemunculan virus corona atau Covid-19 menjaga kesehatan dalam keadaan ini adalah hal paling penting untuk menjaga kita tercegah dari paparan virus. Dengan cara mengonsumsi jahe merah dipercaya akan meningkatkan daya imun dalam tubuh.

Jahe merah merupakan salah satu jenis varietas jahe yang memiliki zingiber officinale varieties rubrum dengan aroma dan rasa pedas yang kuat. Jahe merah merupakan suatu jenis jahe yang sering digunakan sebagai minuman herbal. Banyak manfaat jahe merah untuk mengobati indra penciuman yang hilang karena flu.

Dalam keadaan ini penyakit flu ini hamper mirip dengan gejala Covid-19 sehingga masyarakat takut untuk diperiksa ke dokter. Saya pun pernah mengalami hal tersebut dua kali, gejala dari flu tersebut terjadi selama 3-4 hari disertai demam dan lemas. Setelah flu dan demamnya hilang indara penciuman dan indra pengecap hanya merasakan pahit di lidah.

Cara  mengobati penyakit tersebut dengan meminum jahe merah yang dicampurkan dengan gula aren dan air panas. Selama 7 hari saya meminum ramuan ini dan hasilnya sembuh. Yang ternyata  Jahe mengandung senyawa aktif bernama gingerol yang bisa melawan penyebab infeksi saluran pernapasan, sehingga jahe merah ini mampu mengengembalikan indra penciuman yang hilang.

Walaupun jahe merah sangat bermanfaat tetapi memiliki efek samping jiga terlalu rutin di minum yang memicu pencernaan seperti kembung, sakit perut dan nyeri ulut hati, mengakibatkan resiko pendarahan, dan mengganggu kerja obat diabetes serta darah tinggi. Jadi mimum jahe merah jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

(***)