Beranda Peristiwa Jaga Stabilitas Harga, Bulog dan Tim Satgas Pangan Polres Serang Gelar Operasi...

Jaga Stabilitas Harga, Bulog dan Tim Satgas Pangan Polres Serang Gelar Operasi Pasar

Ilustrasi Pasar Tradisional - foto istimewa liputan6.com

SERANG – Tim Satgas Pangan Polres Serang bersama Bulog Sub Divre Serang dan Dinas Perindagkop Kabupaten Serang akhir pekan lalu menggelar operasi pasar dengan mendistribusikan 3 ton beras medium ke sejumlah pedagang di Pasar Ciruas.

Operasi pasar beras medium dilakukan dalam upaya menjaga ketersedian serta stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah Kabupaten Serang.

“Kegiatan operasi pasar beras medium ini merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Perdagangan RI dan hasil rapat kerja dengan Direskrimsus Polda Banten tentang menjaga stabilitas harga sembako khususnya harga beras medium, menjelang Natal dan tahun baru di wilkum Polda Banten,” ungkap Kanit Pidana Khusus Satreskrim Polres Serang Iptu Samsul Fuad, Senin (3/12/2018).

Dikatakan Samsul, operasi pasar beras medium ini digelar atas kerja sama Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Serang dan Dinas Perindagkop Kabupaten Serang. Operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan makanan pokok.

“Operasi pasar beras medium ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru serta untuk menjaga stabilitas harga agar tidak melonjak tinggi,” kata Kanit.

Iptu Samsul menambahkan gerakan stabilisasi pangan ini akan dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh ke setiap pedagang mitra Bulog di setiap pasar tradisional di Kabupaten Serang. Para pedagang diwajibkan menjual beras premium dengan harga yang telah ditentukan pemerintah dengan harga HET Rp9.450 per kilogram.

“Kami berpesan kepada seluruh pedagang yang dilibatkan dalam pelaksanaan gerakan stabilitas pangan ini agar melaksanakan tugas dengan baik,” pungkasnya.

Samsul menambahkan, Tim Satgas Pangan akan terus mamantau ketersediaan ataupun stabilitas barang kebutuhan pokok (sembako). Oleh karena itu, kata dia, distribusi sembako tidak hanya pada beras medium tapi juga sembako lainnya seperti telur, minyak goreng, daging sapi dan ayam, tepung terigu, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai dan lain-lain.

“Saat ini yang kami distribusikan baru beras medium, namun ke depan sembako lainnya juga akan pantau dan didistribusikan,” tambahnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini