Beranda Komunitas Jaga Sinergitas, Grup 1 Kopassus “Ngopi” Bareng Insan Pers di Banten

Jaga Sinergitas, Grup 1 Kopassus “Ngopi” Bareng Insan Pers di Banten

SERANG – Grup 1 Kopassus berharap pers di wilayah Banten semakin solid dalam menjaga dan merawat keutuhan NKRI. Hal itu terungkap dalam acara kegiatan bertajuk Ngopi (Ngobrol Penuh Inspirasi) bersama Insan Pers di Banten di Zona Inspirasi Batalyon 12 Grup 1 Kopassus, Sabtu (21/1/2023).

Dalam kesempatannya, Komandan Grup (Dangrup) 1 Kopassus, Kolonel Inf Romel Jangga Wardhana mengapresiasi panitia penyelenggara yakni Batalyon 12 Kopassus yang telah mempersiapkan sehingga kegiatan hari ini dapat terlaksana.

Ia mengatakan kegiatan “Ngopi” yang diadakan adalah salah satu cara mewujudkan Grup 1 Kopassus yang solid bukan secara internal karena itu keharusan, melainkan solid secara eksternal.

“Kami rasa kami memerlukan solid dengan eksternal, dengan stakeholder bahkan dengan insan media. Karena dengan solid, kami sudah menanamkan pondasi awal yang kuat. Sehingga pada saat bekerja tentu akan lebih optimal,” ujarnya.

Kolonel Inf Romel mengatakan di zaman dahulu peperangan dimulai dengan pedang dan tombak. Seiring perkembangan zaman berubah menggunakan nuklir, alutsista, proxy war hingga informasi.

“Saat ini terjadi perang informasi. Bahkan sekarang kita mengenal istilahnya siapapun yang menguasai informasi maka menguasai dunia,” terangnya.

Karena hal tersebut, Dangrup 1 Kopassus ke-33 itu menuturkan insan media adalah partner penting bagi Kopassus dan TNI AD.

“Media adalah mata dan telinga perkembangan situasi terkini yang nantinya menjadi corong informasi. Saya katakan bahwa media sangat memiliki peran penting,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kolonel Inf Romel menjelaskan keberadaan Kopassus yang dipandang sebagai Pasukan Ketiga terbaik di dunia juga tidak terlepas dari peran media.

“Kami berterima kasih kepada media atas perannya yang luar biasa, kami mengapresiasi itu dan kami persilakan jika insan media ingin mengekspose berbagai kegiatan yang kami lakukan,” jelasnya.

Pria kelahiran Desember 1978 itu berharap, insan media khususnya di Banten jika ada pemberitaan mengenai Grup 1 Kopassus untuk mengkonfirmasikan ke pihaknya.

“Apabila ada kaitan dengan grup 1 kami bisa dikonfirmasi. Seperti yang bapak Kasad katakan bahwa TNI AD juga milik media. Kami pun milik media. Silakan kami diajak diskusi. Apabila itu sifatnya membangun maka ayo bersama-sama,” tutupnya. (Dhe/Red)