Beranda Pariwisata Jadi Wisata Religi, Pemkab Serang Lengkapi Fasilitas di Maqbarah Buyut Nyi Mas...

Jadi Wisata Religi, Pemkab Serang Lengkapi Fasilitas di Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang, Nanang Supriatna ketika menghadiri Haul Akbar ke-4 dan Peresmian Pembangunan Gedung Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik di Kampung Kasubuhan, Desa Sukaberes, Kecamatan Waringinkurung pada Rabu (30/3/2022). Foto: Diskominfosatik Kabupaten Serang

KAB. SERANG – Gedung Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik yang terletak di Kecamatan Waringinkurung bakal dijadikan ikon dan wisata religi Kabupaten Serang.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan dalam waktu dekat Pemkab Serang akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik sebagai cagar budaya dan menjadi wisata religi.

“Kepala desa setempat melalui camat juga sudah mengusulkan ke Disporapar dan akan kita SK kan secepatnya menjadi cagar budaya dan wisata religi,” ujar Nanang di sela menghadiri Haul Akbar ke-4 dan Peresmian Pembangunan Gedung Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik di Kampung Kasubuhan, Desa Sukaberes, Kecamatan Waringinkurung pada Rabu (30/3/2022).

Sekadar diketahui, Buyut Nyi Mas Carik merupakan putri dari Sulton Hut Syiria atau adik dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sultan Gunung Jati, ayah dari Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Lebih lanjut, Nanang memastikan untuk mempercepat pengembangan sebagai wisata religi, Pemkab Serang akan segera membangun sarana penunjang di antaranya infrastruktur jalan, Penerangan Jalan Umum (PJU), serta Mandi Cuci Kakus (MCK).

“Kita akan kembangkan lebih bagus lagi, infrastruktur, penerangan jalan, taman dan fasilitas lainnya,” kata Nanang.

Dukungan Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik menjadi ikon Kabupaten Serang tersebut juga mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Fahmi Hakim dan Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum.

Turut hadir Anggota DPRD Banten Muhsinin, Camat Waringinkurung Warnerry Poetry, sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Serang, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serang KH Tubagus Khudori Yusuf, dan ribuan tamu undangan.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Banten, Fahmi Hakim. Menurutnya Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik merupakan sebuah potensi bagian dari wisata religi untuk menjadikan ikon bagi Kabupaten Serang dan Provinsi Banten.

“Keberkahan Wali Allah Nyimas carik ini adalah salah satu bagian itikaf kita untuk mendapatkan karomah dan keberkahan, ini juga menjadi bagian rasa syukur kita kepada para leluhur utusan Wali Allah,” kata Fahmi.

“Insya Allah saya juga akan melakukan penguatan sarana dan prasarana baik infrastruktur dan fasilitas lainnya. Insya Allah pada perubahan APBD mulai dibangun oleh Perkim Banten,” tambah Fahmi.

Ketua Maqbarah Buyut Nyi Mas Carik, Syafidi Syarbini mengatakan haul akbar yang dilaksanakan saat ini merupakan yang keempat kalinya. Sedangkan untuk bangunan dan acara peresmian dilaksanakan secara swadaya.

“Kami ucapkan terima kasih atas segala bantuan semua pihak. Terima kasih juga kepada Pemkab Serang, DPRD Banten yang akan membangun fasilitas maqbarah ini,” kata Syafidi.

(Nin/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini