Beranda Peristiwa Jadi Sumber Kemacetan, Warga Tangsel Ingin U Turn Depan UIN Ciputat Ditutup

Jadi Sumber Kemacetan, Warga Tangsel Ingin U Turn Depan UIN Ciputat Ditutup

U Turn atau putar balik yang terletak di Jalan Juanda, Kecamatan Ciputat, tepatnya di depan UIN Jakarta menjadi sumber kemacetan selama bertahun-tahun.

TANGSEL – U Turn atau putar balik yang terletak di Jalan Juanda, Kecamatan Ciputat, tepatnya di depan UIN Jakarta menjadi sumber kemacetan selama bertahun-tahun.

Terhitung di sepanjang jalan Juanda terdapat 4 U Turn yang membuat arus lalu lintas selalu macet terlebih di waktu pagi, siang, dan sore hari.

Namun, U Turn yang paling membuat mecat adalah yang berlokasi di depan UIN Jakarta atau Ciputat.

Sewaktu-waktu U Turn tersebut dijaga oleh pihak Dinas Perhubungan maupun Kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas. Namun, di hari bisa putar balik itu dijaga oleh tukang parkir.

Baik warga maupun pengendara tak sedikit yang mengeluhkan U Turn tersebut. Mereka ingin ada solusi dari Pemerintah untuk kemacetan yang bersumber dari U Turn itu.

Hal itu dijelaskan Irwan (37), seorang karyawan swasta yang bertahun-tahun melewati jalan Juanda yang dipastikan macet saat berangkat dan pulang kerja.

“Sekarang gini aja bang, dalam kemacetan itu kan ada kerugian negara, yaitu BBM yang terbuang sia-sia serta pencemaran udara akibat polusi dari kendaraan yang macet itu kan,” terang Irwan kepada Bantennews.co.id, Jumat (27/5/2022).

Dia pun menginginkan ada solusi terbaik dari pemerintah khususnya untuk mengurangi kemacetan di Jalan Juanda tersebut.

“Ya pinginnya yang terbaik lah. Pemerintah kan bisa saja menutup U Turn atau ga perlu menutup tapi dibuat jalan lagi semisal fly over. Pemerintah banyak duitnya masa bangun fly over aja ga bisa di sini,” ungkap Irwan.

Senada dikatakan Arimah (25) mahasiswa UIN Jakarta. Dia mengungkapkan, selalu telat saat masuk kelas lantaran terhambat macet. Dia menginginkan agar macet di Jalan Juanda ditiadakan.

“Ya intinya mau ditutup atau dibangun Jalan baru, saya inginnya macet di sini ditiadakan agar baik para mahasiswa maupun dosen yang bekerja di UIN Jakarta ini tidak telat,” ungkap Arimah.

Seperti diketahui, Jalan Ir.H. Juanda merupakan Jalan Nasional yang menghubungkan antara Bogor dan Jakarta. Sementara titik kemacetan terdapat di Kota Tangerang Selatan, yaitu Ciputat.

Adanya U Turn sendiri sebetulnya mempermudah pengendara jika hendak berputar balik. Namun begitu ada aturan-aturan yang harus dipenuhi jika hendak membuka median Jalan.

Melihat kondisi Jalan Juanda yang tidak begitu lebar, seharusnya U Turn di lokasi tersebut beberapa harus ditutup, salah satunya yang ada di depan UIN Jakarta.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini