Beranda Kesehatan Jadi Penyebab Utama Kematian, Penting Deteksi Dini Stroke dan Kanker

Jadi Penyebab Utama Kematian, Penting Deteksi Dini Stroke dan Kanker

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

SERANG – Penyakit Stroke dan kanker merupakan dua penyebab utama kematian di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, stroke menjadi penyakit tidak menular yang menyebabkan kasus kematian terbanyak.

Menurut WHO, stroke adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa penurunan fungsi otal baik fokal maupun global, yang dapat memberat dan berlangsung selama 24 jam atau lebih.

Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah sehingga sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel atau jaringan.

Tak kalah membahayakan adalah kanker yang juga menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia.

Kanker memang dinilai sebagai penyakit yang cukup mematikan, karena sel kanker bisa menyebar dan mengganggu fungsi jaringan maupun organ yang ada di dalam tubuh.

Di samping itu, kebanyakan pasien kanker baru merasakan gejala ketika kanker sudah menyebar atau di stadium lanjut.

Padahal berbagai penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis kanker bisa diketahui lebih awal lewat pemeriksaan kesehatan alias deteksi dini.

Deteksi dini kanker membantu dokter menemukan sel-sel abnormal di dalam tubuh sebelum menunjukkan gejala kanker.

Selain itu dokter juga bisa mendeteksi adanya sel kanker sebelum menyebar terlalu luas dan sulit disembuhkan.

Itulah yang menjadi alasan mengapa deteksi dini penyakit, termasuk stroke dan kanker sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan harapan hidup pasien.

Dengan deteksi dini, pengobatan stroke dan kanker jadi lebih mudah dan efektif, serta mencegah ke tingkat yang lebih parah.

Menjawab kebutuhan tersebut Raffles Medika Indonesia, perusahaan yang merupakan bagian dari Raffles Medical Group Singapura, yang juga mengoperasikan Raffles Hospital Singapura dan fasilitas medis lainnya di 14 kota meluncurkan paket pemeriksaan kesehatan baru yang bertujuan untuk deteksi dini.

Paket tes kesehatan ini, kata dr. Izaak, Country Manager Raffles Medika Indonesia, menggunakan teknologi terkini yang dirancang tidak hanya memberikan akurasi untuk deteksi dini penyakit termasuk stroke dan kanker, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi pasien yang menjalani tes.

“Termasuk dalam paket pemeriksaan kesehatan adalah USG Carotid Artery Test, tes non invasif yang dapat mendeteksi ketebalan pembuluh arteri karotis yang dapat memicu terjadinya stroke dan juga Mastocheck®, tes dengan teknologi baru yang hanya membutuhkan sedikit darah untuk deteksi dini kanker payudara stadium awal,” urainya panjang lebar.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News