Beranda Kesehatan Jadi Penyebab Anak di Dunia Meninggal, Ini Cara Cegah Diare

Jadi Penyebab Anak di Dunia Meninggal, Ini Cara Cegah Diare

Ilustrasi - foto istimewa klikdokter.com

SERANG – Diare adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang. Setiap tahun, World Health Organization (WHO) mencatat sekitar 1,7 miliar kasus diare, yang menyebabkan 750.000 anak-anak meninggal dunia akibat penyakit ini.

Kontaminasi bakteri atau virus melalui makanan, air, atau kontak dengan orang yang terinfeksi merupakan salah satu penyebab utama diare. Bahkan, tempat penyimpanan makanan seperti kulkas dapat menjadi sumber terkontaminasinya makanan.

Bakteri berbahaya seperti Aeromonas bacteria, Enterobactera clocae, Klebsiella oxytoca, dan Escherichia coli dapat berkembang biak dengan cepat dalam kondisi kulkas yang tidak terjaga kebersihannya.

Namun, diare sebenarnya dapat dicegah dengan menjalani pola hidup higienis yang tepat. Dalam upaya membantu mencegah diare akibat kontaminasi bakteri pada makanan, founder POLKI Indonesia, Elvina Goey, telah mengembangkan produk terbaru yang mendukung kehigienisan kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan.

Elvina mengamati bahwa kebiasaan membersihkan kulkas di masyarakat Indonesia masih kurang optimal, seperti hanya menggunakan tisu basah atau mencuci dengan sabun biasa.

Kebiasaan tersebut ternyata masih meninggalkan bakteri berbahaya, seperti Escherichia coli, di permukaan kulkas dan meningkatkan risiko kontaminasi makanan yang tersimpan di dalamnya.

“Banyak yang tidak menyadari bahwa permukaan yang terlihat bersih dan wangi belum tentu bebas dari bakteri. Penanganan khusus diperlukan agar makanan benar-benar terhindar dari kontaminasi.” kata dia melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Inovasi pembersih terbaru mereka telah teruji secara klinis mampu membunuh hingga 98 persen kuman berbahaya, termasuk Escherichia coli. Formula pembersih ini juga telah disertifikasi sebagai aman untuk makanan, dengan tujuan meminimalkan kontaminasi pada makanan yang disimpan di dalam kulkas.

Elvina berharap bahwa formulasi baru ini dapat membantu ibu-ibu meningkatkan kesadaran akan pola hidup higienis. Lebih lanjut Elvina mengatakan, ibu-ibu tidak perlu repot memasang dan membongkar kulkas secara berkala untuk membersihkannya.

“Kami percaya bahwa produk ini  dapat memberikan manfaat besar bagi keluarga di Indonesia dalam membangun semangat pola hidup higienis,” tambahnya.

Menurut Elvina, pola hidup higienis dan sehat dapat dimulai dari hal-hal sederhana, seperti mencuci tangan secara menyeluruh, mengonsumsi makanan matang, dan menjaga kebersihan perabotan agar bebas dari kuman.

Dengan menjalani pola hidup higienis secara konsisten, termasuk menjaga kebersihan kulkas dan menjalankan praktik mencuci tangan yang baik, Elvina Goey yakin bahwa masyarakat Indonesia dapat terhindar dari risiko diare.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini