Beranda Politik Iti Terpilih Secara Aklamasi di Musda, BPOKK Demokrat: Masih Ada Satu Tahap Lagi

Iti Terpilih Secara Aklamasi di Musda, BPOKK Demokrat: Masih Ada Satu Tahap Lagi

Iti Octavia Jayabaya

SERANG – Petahana Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya secara aklamasi kembali terpilih menjadi Ketua DPD Demokrat masa bhakti 2021-2022. Diketahui, Iti melanggeng mulus setelah satu-satunya pesaing dalam Muswawarah Daerah (Musda) IV Demokrat Banten yakni Yoyon Sujana mengundurkan diri pada menit-menit akhir.

Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Demokrat, Hetman Khaeron mengatakan, meski terpilih secara aklamasi, Iti Octavia Jayabaya tetap harus melalui satu tahapan lagi yaitu tahapan pasca Musda.

“Dalam Musda ini akan dilaksanakan sidang sesuai aturan. Urutannya nanti akan ditetapkan, jadi (Iti) menang secara aklamasi. Lalu calon tadi akan diusulkan ke pasca Musda salah satunya melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan, red) oleh DPP,” kata Herman usia pembukaan Musda IV Demokrat Banten di Hotel Horison Ultima Ratu, Senin (11/10/2021).

Dijelaskan Herman, fit and proper test akan dilakukan oleh Tim 3, yang terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Jendral dan Ketua BPOKK.

“Kita jadwalkan awal November. Atau kalau lebih cepat di akhir Oktober ini bisa kita lakukan,” jelasnya.

Terkait majunya Musda, Herman mengungkapkan, hal itu diatur dalam peraturan organisasi Nomor 02 Tahun 2001 dan dijabarkan dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) partai. Dimana, terdapat kewenangan DPP untuk menetapkan jadwal Musda.

“Tentunya ini merupakan bagian dari persiapan matang menjelang tahun politik 2024. Jadi kita masih memiliki waktu untuk membuat strategi yang akan dibahas dalam Musda,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya mengajak seluruh kader untuk bersama-sama mengembangkan Partai Demokrat di Banten.

“Saya juga ucapkan terimakasih dan komitmen bersama dari Pak Yoyon dan jajarannya untuk membangun partai bersama-sama. Karena saya ngga bisa sendiri. Artinya tidak ada aku tidak ada kamu, hanya ada (Partai) Demokrat,” ujar Iti.

Terkait langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menyambut tahun politik 2024, Iti meminta seluruh kader untuk serius.

“Maka dari itu seluruh kader punya kesempatan yang sama. Perjuangan di 2024 seiring kita bekerja keras. Dan teman-teman juga sudah tahu elektabilitas Ketum (Agus Harimurti Yudhoyono) kami terus naik dan harus diiringi dengan kerja keras seluruh kader. Ketika Demokrat elektabilitasnya naik otomatis kita usung Ketum kami di Pilpres 2024,” ujarnya. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini