Beranda Sosial Iti Resmikan Lebak Outdoor Festival 2023 di Bayah

Iti Resmikan Lebak Outdoor Festival 2023 di Bayah

Pembukaan Outdoor Lebak Festival. (IST)

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meresmikan Lebak Outdoor Festival 2023 di Pantai Karang Bokor, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Lebak Outdoor Festival menghadirkan para pemangku kebijakan baik komunitas, asosiasi serta instansi dan lembaga yang bergerak dalam kegiatan outdoor.

Dalam sambutannya, Iti Octavia Jayabaya mengatakan bahwa event ini merupakan kegiatan wisata minat khusus yang mendorong potensi alam dan petualangan, serta berkontribusi terhadap kelestarian alam yang ada di Kabupaten Lebak, dengan merangkul para penggiat alam bebas dalam mengkolaborasikan kegiatan olahraga fun dengan olahraga ekstrem yaitu explore tebing alam Goa Langir Sawarna, serta kegiatan outdoor lainnya.

“Festival kali ini mengusung kegiatan di wilayah Lebak selatan dengan potensi bentang alam kawasan Bayah berupa perbukitan dan lembah, sangat menarik dan unik. Keseluruhannya membentuk kawasan yang dikenal sebagai kubah (dome) dan dinamakan Kubah Bayah (Bayah Dome),” kata Iti kepada awak media, Selasa (3/10/2023).

Ia mengungkapkan, kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkenalkan kekayaan wisata yang ada di Kebupaten Lebak.

“Karang Bokor dan Goa Langir ini termasuk dalam Geo Park Bayah Dome yang perlu
kita jaga dan rawat keasliannya, serta perlu kita kembangkan sehingga menambah aset daerah. Begitu pula mengembangkan taraf perekonomian warga sekitar dan pengembangan UMKM yang ada di daerah
sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Sawarna Karst Festival, Firman Hidayatullah menjelaskan bahwa ada  270 peserta yang hadir pada kegiatan ini. Bahkan beberapa di antaranya berasal dari luar wilayah seperti Medan, Bogor, Bandung, dan Bali.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa diadakan secara rutin dan terus berlangsung. Sawarna Festival Karst ini bertujuan untuk saling mengakrabkan sesama komunitas Climbing dan Camping Ground terlebih mengenalkan lokasi wisata yang ada di Kabupaten Lebak,” ucapnya.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News