Beranda Pemerintahan Irna Pantau Perkembangan Budidaya Ayam Milik Warga Koroncong

Irna Pantau Perkembangan Budidaya Ayam Milik Warga Koroncong

Bupati Pandeglang Irna Narulita memantau perkembangan anak ayam milik warga di Kampung Bangkonol, Desa Awi Lega, Kecamatan Koroncong

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita memantau perkembangan anak ayam milik warga di Kampung Bangkonol, Desa Awi Lega, Kecamatan Koroncong. Pasalnya anak ayam itu merupakan bantuan program Bedah Kemiskinan Masyarakat Sejahtera (Bekerja) dari pemerintah pusat.

“Ini udah bulan ke empat dari sejak diberikan bantuan. Kami harap sudah bertelur dan berkembang biak sehingga membantu ekonomi masyarakat,” kata Irna saat meninjau lokasi di Kampung Bangkonol, Kamis (24/1/2019).

Program tersebut memang diperuntukkan bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di beberapa kecamatan salah satunya Kecamatan Koroncong.

Irna berharap bantuan itu dapat meningkatkan derajat perekonomian masyarakat penerima bantuan.

“Jika ayamnya bertelur dan menetas, anak ayamnya bisa dibagi dengan masyarakat lainnya yang belum menerima. Dan jika ayam itu dijual, saya harap digolongkan kembali untuk beli bebek misalnya,” tuturnya.

Sementara itu Camat Koroncong, Teti Yuningsih mengatakan masyarakat penerima bantuan dari Program Bekerja untuk Kecamatan Koroncong sebanyak 397 RTSM, untuk Desa Awi Lega sebanyak 32 RTSM. Dari jumlah bantuan ayam sebanyak 19.850 ekor hampir 46% yang mati.

“Ayam yang diberikan saat ini sudah mulai bertelur, hasilnya ada yang dijual. Sedikit banyak dapat membantu masyarakat kami. Rata-rata sudah bertelur, kendalanya bisa dari pakan ayam dan kondisi lingkungan. Tapi tidak sedikit pula yang berhasil mengembangkan program ini,” tambahnya.

Bahri salah satu warga Kampung Bangkonol yang merupakan penerima bantuan menuturkan, jika dirinya sudah semaksimal mungkin merawat dan membudidayakan ayam bantuan tersebut namun memang banyak yang mati.

“Kandangnya bersih, memang saat itu ayam banyak yang  mati. Nah sisanya ini akan terus kami rawat dan kami jaga untuk dibudidayakan,” terangnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini