Beranda Peristiwa Irna Imbau Warga Gunakan Air Sungai Saat Musim Kering

Irna Imbau Warga Gunakan Air Sungai Saat Musim Kering

97
0
Bupati Pandeglang Irna Narulita. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengimbau masyarakat menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari selama musim kering yang melanda Kabupaten Pandeglang. Bupati mengaku kekurangan armada untuk mengangkut pasokan air bersih.

“Kami berharap (masyarakat) untuk bisa menjaga sungai-sungai yang ada sehingga masyarakat juga bisa menikmati di saat musim kering dan menggunakan air bersih di sungai tersebut. Jaga lingkungan jangan buang sampah sembarangan, lalu mereka pada saat kekeringan bisa menggunakan air sungai, walaupun debitnya berkurang tetapi air itu kan sehat, bersih untuk mereka,” kata Irna, Senin (6/8/2018).

Jika di sekitar lingkungan warga yang terdampak kekeringan ada sungai atau sumber mata air yang bisa ditarik menggunakan pompa air, Bupati mengaku siap memberikan pompa penyedot air untuk masyarakat.

“Tapi kalau ada sungai atau sumber air yang bisa untuk seluruh masyarakat kami bantu pompanya. Kami banyak stok untuk pompa. Kami juga mohon usulan tempat-tempat  yang memang kekurangan air bersih kami akan buat sumur pantek yang bisa dialiri beberapa rumah tangga,” ungkapnya.

Kata Bupati, bagi masyarakat yang membutuhkan ketersediaan air bersih bisa langsung meminta bantuan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik secara langsung maupun melalui pemerintah setempat seperti Kepala Desa dan Camat.

“Kami tetap secara massif memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat khususnya daerah-daerah yang terdampak kekeringan. Kami juga berkoordinasi terus dengan Pemprov Banten. Para Camat ada di lapangan kaki tangan Bupati jadi bisa berkoordinasi, jadi mereka (masyarakat) bisa langsung kontak kepada kami atau langsung berkoordinasi dengan BPBD dan PDAM. Kami sudah memperingatkan mereka (PDAM dan BPBD) cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (Med/Red)