Beranda Pemerintahan Irna Dukung Wacana Pembuatan Lokasi Latihan Kopasus di Pandeglang

Irna Dukung Wacana Pembuatan Lokasi Latihan Kopasus di Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita mendukung wacana pembuatan lokasi latihan bagi Komando Pasukan Khusus (Kopasus) di Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita mendukung wacana pembuatan lokasi latihan bagi Komando Pasukan Khusus (Kopasus) di Kabupaten Pandeglang. Wacana itu terlontar dari Komandan Grup (Dangrup) I Kopasus saat bupati mengahadiri acara halal bihalal di markas grup I Kopasus Serang.

Menurut Dangrup I Kopassus, Kolonel Inf Lucky Avianto mengatakan, rencana pembuatan lokasi latihan untuk Kopassus itu setelah diajukan pengecekan yang tepat adalah di Desa Karangbolong, Kecamatan Cigeulis seluas 163, 9 hektar.

“Rencananya memang sebelumnya  di daerah yang masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), namun setelah dikaji ulang akhirnya diputuskan di tanah milik pemerintah dan tidak masuk di Kawasan KEK, ” ungkapnya.

Kata Lucky, kawasan ini sangat ideal untuk dijadikan pusat  latihan Kopasus, selain tidak jauh dari pantai yang jaraknya hanya 1,8 Km juga dekat dengan exit tol di Desa Mekarsari.

“Mudah – mudahan dengan keberadaan kita di daerah ini akan semakin meningkatkan keamanan dan jadi berkembang,” harapnya.

Sementara itu, Komandan Jendral Kopasus  Mayor Jendral TNI Eko Margiono mengatakan,  memang sebelumnya wacana pembangunan itu masuk dalam kawasan KEK. Namun setelah dikaji ulang oleh Dangrup I lokasi Desa Karangbolong, Kecamatan Cigeulis. Dengan semakin berkembangnya kemajuan, kata Mayjen TNI Eko Margiono sangat sulit mencari lokasi yang ideal untuk jadi tempat latihan.

“Dan akhirnya Dangrup I melaporkan bahwa ada kurang lebih 163,9 ha yang ideal dapat kita jadikan untuk pusat latihan Kopasus. Setelah latihan di darat,  biasanya para Komando akan melakukan latihan di laut, jadi saya rasa lokasi itu cukup ideal sekali, “tandasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, dirinya sangat mendukung dan menyambut baik untuk lokasi latihan bagi Kopasus  yang akan didirikan.

“Memang wacan ini sudah ada sejak dulu saat kami menyambut Mayjen Madsuni setengah setahun yang lalu. Ini Satu kehormatan bagi kami, memang pengamanan harus dikuatkan,  apalagi Pandeglang memiliki wilayah pantai yang luas,” ujarnya.

Menurut Irna, dengan adanya pusat latihan Kopasus di Pandeglang akan memberikan dampak yang signifikan hususnya Pertahanan dan Keamanan (Hankam).

“Saya bangga pandeglang ditunjuk sebagai pusat latihan bagi para Komando. Karena jika keamanan meningkat,  ekonomi bisa tumbuh, ditambah lagi ada Kek jadi keamanan bisa lebih meningkat,” pungkasnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini