Beranda Bisnis Irna Berharap Pandeglang Jadi Sentra Penghasil Cabai

Irna Berharap Pandeglang Jadi Sentra Penghasil Cabai

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat melakukan panen raya cabai bersama warga Desa Kadupayung, Kecamatan Menes, Selasa (2/10/2018).

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengharapkan Kabupaten Pandeglang bisa menjadi sentra penghasil cabai. Hal itu disampaikan Irna saat melakukan panen raya Cabai bersama warga Desa Kadupayung, Kecamatan Menes, Selasa (2/10/2018).

Irna berharap, produksi dan produktifitas cabai harus terus ditingkatkan untuk memantapkan Kabupaten Pandeglang menjadi penyuplai dan pemasok kebutuhan pangan di Provinsi Banten, Jabodetabek bahkan tingkat nasional.

“Para petani harus memiliki kemauan dan harapan untuk terus melakukan gerakan tanam. Olah, panen, tanam lagi agar semua sektor pangan bisa produktif. Sehingga daerah lain tidak usah jauh-jauh untuk memesan kebutuhan pangan, cukup Pandeglang yang penuhi itu semua,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Heni Supiani mengatakan panen raya cabai yang dilakukannya di desa Kadupayung adalah hasil Kelompok Tani Karya Bersama mencapai luas lahan 1 hektar dari luas tanam cabai yang siap dipanen di Kecamatan Menes seluas 22 hektar.

Selain melakukan panen raya Cabai, pihaknya juga membagikan bantuan bibit untuk para kelompok tani dan masyarakat di antaranya bibit manggis, letai, jagung dan kedelai. Untuk bantuan bibit petai di Kabupaten Pandeglang berjumlah 13.100 batang, sedangkan pemberian bibit Manggis 5.000 batang, untuk di Kecamatan Menes sendiri sebanyak 500 batang untuk 2 desa yaitu Desa Purwaraja dan Desa Kadupayung.

“Untuk Kabupaten Pandeglang sendiri luas lahan komoditas cabai merah mencapai 216 hektar, sedangkan untuk komoditas cabai rawit seluas 106 hektar yang tersebar di beberapa Kecamatan,” bebernya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini