Beranda Olahraga Iqbal, Atlet Pencak Silat Asal Kota Serang Sabet Medali Emas di Asian...

Iqbal, Atlet Pencak Silat Asal Kota Serang Sabet Medali Emas di Asian Games 2018

Pratama Iqbal Chandra Atlet Pencak Silat Indonesia - Foto istimewa Kaskus

SERANG – Pratama Iqbal Chandra, Atlet Pencak Silat Indonesia berhasil menyabet medali emas pada Cabang Olah Pencak Silat Asian Games 2018 setelah mengalahkan pesilat Noch Toan Nguyen dari Vietnam.

Pertarungan antara Iqbal dan Noch Toan berlangsung di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018). Keduanya turun dalam nomor tarung putra kelas 60 kg-65 kg.

Iqbal memenangi pertarungan dengan skor 4-1. Sebelumnya, wakil dari Indonesia itu sempat tertinggal 5-0 sampai pertengahan ronde ketiga.

Situasi berbalik sekitar 30 detik akhir ronde ketiga. Iqbal melakukan serangan dengan membanting Noch Toan.

Sampai saat ini pencak silat secara total sudah meraih enam medali emas, dengan rincian tiga dari kategori seni dan tiga tarung.

Junaedi, paman Iqbal seperti dikutip dari FBn mengungkapkan, Iqbal adalah kelahiran Aceh, namun sejak sekolah dan besar di Kota Serang.

Iqbal merupakan putera pertama Marjuki warga Serang, cucu dari H Mamad (alm) Pedagang daging di Pasar Rau Kota Serang.

Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi prestasi Iqbal. Melalui akun Facebooknya Jokowi mengaku sangat bangga atas raihan medali emas yang didapatkan Iqbal.

“Asian Games 2018 masih berlangsung sepekan lagi, atlet-atlet Indonesia sudah melampaui target 16 medali emas yang dicanangkan. Hari ini, Indonesia telah mengumpulkan 22 keping medali emas, 15 perak, dan 27 perunggu.”

Panen medali emas didapatkan atlet-atlet pencak silat di venue Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sepanjang hari ini, dengan delapan emas. Dua medali emas bahkan disandingkan oleh pasangan suami istri, Iqbal Candra Pratama dan Sarah Tria Monita. Sementara dua emas baru saja didulang dari panjat tebing speed relay climbing putra dan putri di Palembang.

Perburuan medali masih berlangsung sampai sepekan mendatang. Atlet-atlet kita terus berjuang di venue-venue olahraga, mengharumkan nama bangsa,” demikian tulis Jokowi. (Man/Red)