Beranda Teknologi Instagram Uji Gifts, Fitur Baru untuk Sawer Kreator Favorit

Instagram Uji Gifts, Fitur Baru untuk Sawer Kreator Favorit

Aplikasi Instagram - foto istimewa CNN Indonesia

JAKARTA – Instagram dilaporkan tengah menguji fitur baru yang disebut Gifts. Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan tip sebagai apresiasi ke kreator favoritnya.

Juru bicara Meta pun mengonfirmasi pengujian fitur tersebut. Namun, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya diuji secara internal.

Melansir XDA Developers, Selasa (13/9/2022), fitur ini pertama kali ditemukan oleh mobile developer Alessandro Paluzzi pada Juli kemarin. Ia menemukan opsi di bawah menu yang disebut Content Appreciation.

Saat itu fitur digambarkan sebagai cara baru pengguna untuk mengirim apresiasi ke kreator konten.

Sebulan kemudian, Paluzzi melaporkan bahwa fitur itu telah dikembangkan dan diganti namanya menjadi Gifts.

Sayangnya, tidak ada informasi lebih banyak mengenai fitur tersebut. Tetapi jika melihat platform lain dengan fitur serupa, sepertinya cara kerja Gifts.

TikTok misalnya, platform video pendek itu sudah memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengirim tip ke kreator konten.

Hadiah itu bisa dikirim lewat video yang muncul di laman For You atau bisa dikirim dalam live streaming. Adapun pilihan hadiahnya dibagi menjadi klasik maupun premium.

Sejak Juli, Meta selaku perusahaan induk Instagram memang gencar membuat program agar kreatornya bisa mendulang banyak pendapatan.

Mereka telah membuat berbagai fitur seperti Badges, yang juga menawarkan Bonus, iklan streaming, dan opsi pendapatan tambahan lainnya. (Red)