Beranda Teknologi Instagram Hapus Tab Shopping Mulai Bulan Depan

Instagram Hapus Tab Shopping Mulai Bulan Depan

Aplikasi Instagram - foto istimewa CNN Indonesia

SERANG – Media sosial Instagram mengumumkan akan menghapus tab Shopping yang beberapa waktu belakangan ada di laman utama.

“Mulai Februari, kami akan mengganti navigasi Instagram supaya pengguna lebih mudah membagikan dan terhubung dengan teman dan kesukaan mereka,” kata Instagram di laman bantuan, diakses pada Selasa (10/1/2022).

Saat ini bar navigasi yang ada di bagian bawah layar laman utama Instagram terdapat lima tab, yaitu tab untuk halaman utama, laman pencarian, Reels, Shopping dan Profil.

Setelah tab Shopping dihapus, pada bar navigasi akan terdapat tab tanda plus untuk membuat konten pada bagian tengah dan Reels di sebelah kanan.

Meskipun tab Shopping dihapus, fitur itu masih tetap ada dan pemilik usaha bisa tetap mengoperasikan toko online mereka di Instagram.

“Kami terus berinvestasi pada pengalaman berbelanja yang memberikan banyak nilai bagi orang dan bisnis, melalui laman utama, Stories, Reels, iklan dan lainnya,” kata Instagram.

Fitur Shopping di Instagram ditujukan untuk konten kreator dan bisnis. Indonesia adalah salah satu negara di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur Shopping dari Instagram.

Di Indonesia, tab shopping diperkenalkan pada Oktober 2020 silam. Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian, ketika itu mengatakan bahwa Shopping bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk memaksimalkan pemasaran.

“Fitur Instagram Shopping dapat menghubungkan pelaku bisnis dengan lebih banyak calon pembeli dan melalui fitur ini, para kreator bisa mengarahkan produk yang diunggahnya ke pelaku usaha tersebut,” kata Pieter.

(Red/suara.com)