Beranda Bisnis Inspire Digital dan PT Angkasa Pura Sarana Digital Luncurkan Smart Ads

Inspire Digital dan PT Angkasa Pura Sarana Digital Luncurkan Smart Ads

Ilustrasi - foto istimewa

TANGERANG – Inspire Digital, start-up Indonesia di bidang layanan iklan digital, dan PT. Angkasa Pura Sarana Digital (APSD), bagian dari PT Angkasa Pura II Group yang memiliki fokus bisnis pada pengembangan pengembangan infrastruktur digital dan penyediaan solusi bisnis berbasis teknologi, mengumumkan kolaborasi sekaligus peluncuran Smart Ads Inspire Digital.

Produk berupa layar yang telah dilengkapi smart ads system ini akan tersedia di 42 titik pada boarding lounge Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Aktivitas penumpang di bandara yang semakin tinggi, selepas pandemi, menjadi tantangan besar bagi pengelola bandara dalam memberikan pengalaman terbaik. Riset Clear Channel Outdoor yang dirilis bulan lalu mengungkapkan bahwa dengan rata-rata waktu tunggu lebih dari satu jam, bandara ternyata menawarkan peluang unik dalam menghubungkan konsumen dengan merek. Terbukti, 46% frequent flyer merasa aktivitas posting social media di bandara adalah hal menarik, dan 37% akan posting di social media atau bicara ke teman tentang pengalaman bersama brand di bandara.

Lebih detail lagi, sebanyak 56% frequent flyer mengakui dapat mengingat iklan setelah melihatnya di bandara. Bahkan hampir setengah, 49% mengambil tindakan setelah melihat iklan di bandara, termasuk mengunjungi situs web merek (47%), mengunduh aplikasi (36%), dan berbagi dengan kolega (26%). Sebanyak 79% frequent flyer ingin mencoba produk baru di bandara, dan 63% mengaku tertarik untuk mendaftar program hadiah perjalanan.

Dalam upaya memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang bandara, kolaborasi PT Angkasa Pura II Group dan Inspire Digital menghadirkan Smart Ads Inspire Digital. Produk inovasi dari Inspire Digital ini menyediakan layanan hiburan beragam seperti film, serial, musik konser, dan musik video, kepada para penumpang di boarding lounge Terminal 1A, 2D, dan 2E, Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Inovasi Smart Ads Inspire Digital juga menawarkan kemudahan kepada calon pengiklan dalam memasarkan produk-produk kepada target pasar yang tepat.

Dengan memanfaatkan jaringan wi-fi, selain menampilkan berbagai konten video yang menghibur, Smart Ads Inspire Digital ini memiliki beberapa keunggulan inovatif yang tidak dimiliki oleh jenis layanan iklan luar ruang lain, antara lain kemampuan untuk menghadirkan audio dari konten-konten video yang ditayangkan, serta kemudahan bagi calon pengiklan untuk melakukan proses penempatan iklan seluruhnya secara online.

Pengiklan dapat melakukan pengaturan target audiens, volume beriklan sesuai budget, format iklan, frekuensi dan masa penayangan iklan, hingga kemudahan memonitor performa iklan secara real-time, bahkan mengganti strategi beriklan setiap saat.

“Selain menjadi yang pertama dalam memberikan hiburan dengan audio kepada calon penumpang di Bandara International Soekarno Hatta, Smart Ads Inspire Digital juga menjadi yang pertama dalam menawarkan pengalaman beriklan di media luar ruang semudah beriklan di media sosial. Kolaborasi inovatif dengan PT. Angkasa Pura Sarana Digital ini merupakan titik awal dari komitmen kami dalam jangka panjang untuk tidak hanya menghibur para calon penumpang yang berada di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, tetapi juga calon-calon penumpang di berbagai terminal atau stasiun moda transportasi umum lainnya di seluruh Indonesia,” ujar Alfreno Kautsar Ramadhan, CEO Inspire Digital dalam keterangannya, Minggu (2/7/2023).
Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Angkasa Pura Sarana Digital, Ferdian Agustiana mengungkapkan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandara di setiap bagian perjalanan melalui inisiatif digital merupakan tren utama dalam pengembangan bandara. “Bandara di seluruh dunia memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan penumpang,” ujarnya.

Ia menambahkan, salah satu cara terbaik yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (AP II) dan PT Angkasa Pura Sarana Digital melalui upaya peningkatan customer experience adalah dengan menghadirkan fasilitas media hiburan di Ruang Tunggu Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kolaborasi dengan Inspire Digital dalam menghadirkan Smart Ads IPTV ini merupakan sebuah terobosan baru di dunia hiburan, baik dari sisi konsumen maupun dari sisi pemilik brand atau para pemilik produk yang memiliki kebutuhan untuk memasarkan produk atau layanannya kepada pengguna jasa di Bandara Internasional Soekarno-Hatta” kata Ferdian Agustiana, Pelaksana Tugas Direktur Utama PT. Angkasa Pura Sarana Digital.

(Red)

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini