Beranda Hukum Inspektorat Lebak: Pemerintah yang Baik, Bebas dari Pungli

Inspektorat Lebak: Pemerintah yang Baik, Bebas dari Pungli

Kepala Inspektorat Lebak, Halson Nainggolan

LEBAK – Satuan Tugas  Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Banten melalui Kepolisian Resort Lebak bersama Pemkab Lebak menggelar Sosialisasi Pencegahan Pungli di Aula Multatuli Setda Lebak, Kamis (11/4/2019).

Kegiatan sosialisasi saber pungli yang merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 tahun 2016 tentang Saber Pungli dan Surat pemberitahuan Pemrov Banten Unit Pemberantasan Pungutan Liar nomor B/41/IV/HUK.10.1./2019 tanggal 08 April 2019 tentang Rencana Pelaksanaan Sosialisasi Saber Pungli Provinsi Banten ini, diikuti oleh Kepala desa perwakilan masing-masing kecamatan se Kabupaten Lebak.

Kepala Inspektorat Lebak, Halson Nainggolan mengatakan pungli merupakan kegiatan melanggar aturan dan haram hukumnya. Menurutnya, pemerintah yang baik dan melayani adalah pemerintah yang bebas dari pungli.

“Kami harap peserta sosialisasi dapat menyimak paparan yang disampaikan narasumber kita dan memperdalam hal terkait pungli ini sehinga kita dapat menghindari praktik-praktik pungli di tempat kerja kita masing-masing,” ungkap Halson Nainggolan.

Mewakili Wakapolres Lebak, Kasat Sabhara Polres Lebak, AKP Asep Jamal mengatakan kegiatan sosialisasi ini bersifat pencegahan, dan berharap Saber Pungli dapat menyasar seluruh lapisan elemen pemerintah dari atas maupun bawah sehingga para aparatur pemerintah lebih waspada dan terhindar dari tindakan pungli yang berujung pada masalah hukum.

“Apa yang disampaikan oleh narasumber bisa terwakili dan bisa tersosialisasikan kembali oleh peserta baik di lingkungan kerja atau di keluarganya dan apa yang menjadi harapan kita tentang saber pungli bisa menyasar semua lapisan dan tidak terjadi pungli bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Asep Jamal. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini