Beranda Pendidikan Insinyur Banten Diminta Beri Kontribusi Pada Pembangunan Banten

Insinyur Banten Diminta Beri Kontribusi Pada Pembangunan Banten

Acara pelantikan pengurus PII Wilayah Banten disalah satu hotel di Kota Serang, Selasa (29/12/2020).

 

Serang – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, meminta kepada para insinyur yang tergabung dalam pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Banten, untuk memberikan kontribusi nyata dalam perencanaan pembangunan Banten.

Menurutnya, keberadaan PII Banten sangat dibutuhkan bagi proses perencanaan pembangunan Banten agar pembangunan yang dihasilkan bukan hanya berkualitas, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Banten.

“Seluruh bidang pembangun pasti bersentuhan dengan insinyur, mulai dari pembangunan infrastruktur, pertanian hingga kemaritiman butuh sentuhan insinyur,” katanya saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus PII Wilayah Banten disalah satu hotel di Kota Serang, Selasa (29/12/2020).

Pelantikan dilakukan langsung Ketua Umum PII Pusat Heru Dewanto. Terpilih sebagai Ketua PII Wilayah Banten periode 2020-2023, Eden Gunawan dan Sekretaris Ediyanto. Duduk sebagai Wakil Ketua mantan Ketua KNPI Banten Eten Hilman.

Proses pemilihan pengurus PII Banten sendiri dilakukan dalam acara Musyawarah Wilayah (Muswil) PII Banten pada Senin, (28/12/2020) di Kota Serang. “Senin malam proses pemilihan selesai, langsung menyusun kepengurusan dan Selasa paginya langsung pelantikan,” kata Eten Hilman.

Andika mengungkapkan bahwa Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon sedang menuju menjadi kota metropolitan. Karenanya membutuhkan kontribusi PII. “Serang raya dan Cilegon sedang persiapkan infrastruktur menuju kota metropolis, perlu dorongan PII Banten untuk tekhnologi konstruksi dan pusat penelitiannya,” ungkapnya.

Belum lagi menurutnya, saat ini Banten sudah mempunyai BUMD agropolitan. “PT Agrobisnis Banten Mandiri butuh bantuan PII untuk tekhnologi pertaniannya,” katanya yang berjanji akan mendorong penguatan program PII Banten.

Ketua PII Wilayah Banten, Eden Gunawan mengaku akan peran strategis insinyur pada proses pembangunan Banten yang berkualitas. Ia mengaku akan bersinergi di Pemprov Banten untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Termasuk pada PT Agrobisnis Banten yang merupakan BUMD baru milik Banten, semoga kita dapat bekerjasama dalam rangka mewujudkan cita-cita didirikannya BUMD tersebut,” katanya.

Ketua Umum PII Pusat Heru Dewanto berharap kepada PII Wilayah Banten untuk dapat menjadikan Banten sebagai role model atau model percontohan bagi daerah lain dalam memanfaatkan potensi daerahnya.

Menurutnya, Banten merupakan provinsi yang unik dan berbeda dibanding provinsi lainnya. Semua jenis industri ada di Banten mulai dari Serpong Serang dan KS di Kota Cilegon.

“Kita ingin Banten jadi role model buat daerah yang lain, tidak ada provinsi seunik dan selengkap Banten, daerah industri yang lengkap, semoga transformasi ke insinyuran dapat diterapkan di Banten,” harapnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ