Beranda Olahraga Inilah Dua Calon Ketua KONI Banten

Inilah Dua Calon Ketua KONI Banten

 

SERANG – Tim Penjaringan  Calon Ketua KONI Banten akhirnya meloloskan dua nama untuk bertarung memperebutkan posisi Ketua Umum KONI Banten periode 2021-2025.

Calon pertama adalah AKBP Agus Rasyid yang saat ini menjabat sebagai Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Banten. Sedangkan calon kedua adalah Edi Ariadi, mantan Walikota Cilegon yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Banten.

AKBP Agus Rasyid

Menurut Ketua Tim Penjaringan Koswara Purwasasmita, sebenarnya ada 3 bakal calon yang mendaftarkan diri sejak awal hingga akhir Oktober lalu. Namun hanya 2 nama yang kemudian dinyatakan memenuhi persyaratan dukungan minimal 20 pemilik suara.

Edi Ariadi

“Pak Agus mengantongi 24 dukungan sementara Pak Edi memperoleh 35 dukungan dari total 71 pemilik suara. Sedangkan satu nama balon yang gugur adalah Ajat Sudrajat dengan tanpa dukungan, ” papar Koswara.

Dijelaskan, awalnya Agus Rasyid membawa 31 dukungan sedangkan Edi Ariadi memboyong 41 dukungan. Tapi setelah proses verifikasi yang dilakukan tim, ada dukungan yang dianggap gugur.

Sementara terkait status AKBP Agus Rasyid sebagai pejabat struktural, Koswara menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkonsultasi dengan Bidang Organisasi KONI Pusat.

Menurut KONI Pusat, aturan pejabat publik dan struktural tak boleh jadi pengurus harian KONI memang ada di UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Tapi, larangan itu tidak ada di AD/ART KONI. Dengan demikian, KONI Pusat mempersilakan tim menerima pencalonan Agus Rasyid serta melanjutkan tahapan pencalonan.

“Demikian hasil konsultasi kami dengan KONI Pusat terutama Bidang Organisasi, beberapa waktu lalu. Kalau ada yang tidak berkenan dengan keputusan ini, kami persilahkan untuk menggugat ke Baori (Badan Arbitrase Olahraga Indonesia),” tambah Kosasih.

Selanjutnya, 2 nama tersebut akan dibawa ke ajang Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) yang akan digelar 14 Desember nanti. Di Musorprov inilah keduanya akan memaparkan visi misi serta dipilih oleh para pemilik suara. Ketua KONI Banten terpilih akan dilantik awal 2022. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini