Beranda Kampus Ini Upaya UPA Lab Untirta untuk Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Ini Upaya UPA Lab Untirta untuk Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Pelepasan mahasiswa magang dan praktek alat laboratorium angkatan perdana di gedung Lab Terpadu Kampus Untirta.

SERANG – Unit Penunjang Akademik (UPA) Lab Terpadu menggelar kegiatan Pelepasan mahasiswa magang dan praktek alat laboratorium angkatan perdana di gedung Lab Terpadu Kampus Untirta, Sindangsari, Selasa (30/4/2024).

Hadir dalam agenda tersebut Rektor Untirta, Prof. Fatah Sulaiman, Kepala Laboratorium Terpadu Untirta, Yus Rama Denny Dekan Fakultas Teknik Prof. Jayanudin, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ririn Irnawati jajaran Kelompok Kerja (Pokja) laboratorium, laboran lab terpadu, dan mahasiswa peserta magang.

Menurut Kepala Laboratorium Terpadu Untirta, Yus Rama Denny, mengatakan terdapat 90 kandidat terpilih dari 200 lebih pendaftar yang berasal dari 12 jurusan diantaranya jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Teknologi Pangan, Agroteknologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, Vokasional Teknik Elektro dan Teknik Mesin.

“Besar harapan kami dari Lab Terpadu memberikan yang terbaik layanan dari lab kami untuk peningkatan kompetensi mahasiswa sehingga mampu bersaing didunia kerja dan bekal untuk didunia kerja nanti, semoga jika ada kesempatannya kami akan membuka batch-batch selanjutnya yang memang lebih banyak lagi dan lebih masif lagi agar bisa dirasakan oleh seluruh mahasiswa di untirta,” tutupnya.

Rektor Untirta, Prof. Dr.Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada 90 kandidat yang terseleksi dan pada laboratorium terpadu yang telah menginisiasi kegiatan ini,

“Tidak semua universitas memiliki peralatan canggih dan modern seperti yang ada di laboratorium terpadu maka utilisasi dari pemanfaatan peralatan lab ini harus terdokumentasi dengan baik dan performanya harus baik, baik untuk melahirkan outcome-outcome research yang terpublikasi dari para dosen maupun utilisasi dari klien-klien kita dari industri pemerintah daerah untuk memanfaatkan bagaimana alat analisis dengan menurut hemat kami termasuk yang modern,”

Ia berharap adanya program magang ini dapat menjadi bagian untuk memperkuat sumberdaya dan bekal mahasiswa di dunia kerja nantinya,

“Saya kira anda semua yang terseleksi 90 orang ini harus bersyukur dan mengikuti secara cermat kegiatan ini karena berhasil terseleksi untuk mengikuti magang di labolatorium terpadu untirta dan mengenal alat alat yang moderenitasnya diatas rata-rata, selama 10 hari mohon di efektifkan waktunya,” harapnya.

Peserta yang mengikuti magang akan dibekali materi mulai dari teori prinsip dasar, Standar Operasional Prosedur (SOP), penggunaannya, analisisnya hingga pemeliharaannya, adapun lab-lab yang terbuka untuk mahasiswa magang diantaranya Lab Mekatronika (PLC), Lab Energi Terbarukan, Lab Spektrocopy (AAS, FTIR), Lab Bioteknologi, Lab Nanomaterial (XRD, SEM), Lab Permesinan Industri (Simulasi Welding, UTM)

Diana Putri Aulia mahasiswi prodi Pendidikan Fisika mengungkapkan rasa senang terpilih menjadi salah satu kandidat peserta magang,

“Alhamdulillah seneng banget bisa dapet kesempatan untuk ikut magang ini, semoga kedepannya mahasiswa yang ikut magang ini bisa sesuai dengan output yang tadi disebutkan bisa berkompetisi untuk pemegang alat untuk di dunia nasional dan internasional dan dapat berkerjasama lebih baik di labnya,”

Dimas Indra Jaya, mahasiswa Pendidikan Fisika juga mengungkapkan rasa senangnya,

“Saya harap dengan output kemampuan yang saya pelajari di program magang ini saya dapat bersaing dengan jurusan lain diluar pendidikan,” ucapnya. (*)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News