Beranda Advertorial Ini Tugas Penting Tim Sanitasi Limbah Medis Dinas Kesehatan Provinsi Banten

Ini Tugas Penting Tim Sanitasi Limbah Medis Dinas Kesehatan Provinsi Banten

Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau proses vaksinasi Covid-19 di SMA Negeri 4 Kota Serang.

SERANG – Sejak vaksin Covid-19 tersedia di Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Banten gencar memfasilitasi vaksinasi untuk masyarakat Banten. Salah satu proses vaksinasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Banten yakni kegiatan vaksinasi Selasa tanggal 21 September 2021 di SMAN 4 Kota Serang yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Selain proses vaksinasi, proses pasca vaksinasi Covid-19 menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Dr. dr. Hj. Ati Pramudji Hastuti menyebutkan, dalam semua kegiatan vaksinasi ada sisi lain yang juga perlu mendapatkan atensi khusus yaitu terkait pengelolaan limbah medis.

Peran dari para Tim Sanitasi Limbah Medis Dinas Kesehatan Provinsi Banten, kata Ati sangat penting. Mereka memulai tahapan kegiatan dengan persiapan logistik sanitasi limbah medis seperti handscoon, safety box, bin limbah medis, dan plastik khusus, yang kemudian harus diangkut ke lokasi vaksinasi.

“Sesampai di lokasi, logistik-logistik tersebut ditempatkan/diposisikan sesuai peruntukannya dan memastikan semua tenaga kesehatan yang bertugas mempunyai akses penggunaannya.”

Selama proses vaksinasi berlangsung, ia menambahkan, Tim Sanitasi Limbah Medis harus selalu memperhatikan tugas pokok untuk memastikan logistik sanitasi limbah medis tersebut digunakan sebagaimana mestinya.

Setelah kegiatan vaksinasi selesai, tim tersebut kemudian mulai mengumpulkan limbah-limbah medis yang dihasilkan sambil memastikan tidak ada limbah medis yang tertinggal, untuk kemudian diangkut ke TPS limbah medis yang sudah dikoordinasikan sebelumnya.

Di lokasi TPS limbah medis, limbah-limbah medis tersebut ditimbang dan dicatat, kemudian ditempatkan pada tempat yang telah disediakan untuk kemudian menunggu penjemputan oleh pengolah limbah B3 berizin. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini