Beranda Pemerintahan Ini Tiga Nama Calon Sekda Banten yang Lolos ke Tahap Berikutnya

Ini Tiga Nama Calon Sekda Banten yang Lolos ke Tahap Berikutnya

Gubernur Banten Wahidin Halim

SERANG – Tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten lolos dalam seleksi calon pejabat pimpinan tinggi madya. Tiga nama yang lolos antara lain profesor riset politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lili Romli, Widyaiswara Utama, Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Al Muktabar, dan Sekretaris KPU Septo Kalnadi.

Ketiga nama tersebut lolos berdasarkan pengumuman nomor 025 -PANSEL/PTM/2019. “Kita akan konsultasikan ke Presiden (Jokowi) melalui menteri. Nanti ada pendapat dari mana-mana (berbagai pihak) orang ini (calon Sekda Banten) bagaimana,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim ditemui di kantor Kejati Banten, Kamis (14/2/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin menyatakan setelah pengumuman tiga besar pihaknya akan melaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait tahapan-tahapan yang sudah dilalui. “Mulai dari tahapan, dokumen-dokumen kami laporkan kepada KASN untuk diverifikasi,” kata Komarudin.

Selanjutnya, KASN akan merespon tahapan dan dokumen seleksi Sekda Banten. “Sudah sesuai atau tidak nanti akan dijawab oleh KASN. Kemudian dilaporkan kepada Presiden melalui Mendagri,” kata dia.

Usulan kepada Presiden, kata dia, sudah mengerucut kepada satu nama. “Kalau waktu pengumuman satu nama tergantung. Semoga di Presiden nggak lama, ya sebelum April lah,” jelasnya.

Sebelumnya, seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah (Sekda) menjadi kompetitif dengan 11 pejabat.

11 peserta tersebut terdiri dari enam pejabat internal dan lima pejabat dari eksternal. Keenam pejabat internal itu adalah Sekretaris KPU Septo Kalnadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muhktarom, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Babar Suharso, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Husni Hasan, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Palmadi, dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian (Kominfotiksan) Komari.
Sedangkan keempat pejabat ekternal, yaitu Peneliti LIPPI Lili Romli, Kepala Sekretariat KASN Harry Mulya Zein, Widyaiswara Utama Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Al Muktabar, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnkaer) Kota Tangerang Rakhmansyah, dan pejabat dari Bakamla Rismunandar. (you/red)
Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini