Beranda Kesehatan Ini Ternyata Penyebab Ngantuk Saat Nyetir Mobil di Perjalanan Mudik

Ini Ternyata Penyebab Ngantuk Saat Nyetir Mobil di Perjalanan Mudik

Ilustrasi - foto istimewa popmama.com

Budaya mudik selalu meramaikan saat lebaran. Berbagai moda transportasi akan digunakan masyarakat, mulai dari mobil hingga pesawat.

Yang perlu diperhatikan adalah saat mudik menggunakan kendaraan pribadi. Mengendarai mobil pastinya butuh fokus tingkat tinggi, tapi tidak jarang kantuk menghampiri.

Sebenarnya, mengantuk saat berkendara bukan karena kurang tidur. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa mengantuk saat naik mobil karena adanya getaran.

Dikutip dari detik.com, penelitian yang dilakukan di RMIT University, Melbourne ini menemukan bahwa getaran bisa membuat seseorang mengantuk hanya dalam waktu 15 menit. Bahkan ketika orang tersebut sudah cukup tidur dan istirahat.

“Dalam waktu 15 menit, Anda akan mengantuk. Dan jika berlanjut hingga setengah jam saja, kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan seseorang akan sangat berkurang,” ujar salah satu peneliti Profesor Stephen Robinson.

Pada penelitian ini melibatkan 15 pastisipan dengan menganalisa respon dalam menggunakan virtual simulator. Mereka diminta mengendarai mobil di jalur dua arah selama satu jam.

Simulator tersebut memberikan stimulus getaran dengan frekuensi yang berbeda-beda. Bukan hanya itu, patisipan juga diukur tingkat kantuknya melalui denyut jantung.

Hasilnya menemukan bahwa getaran lembut membuat tubuh berangsur-angsur rileks. Artinya, saat mengemudi dalam keadaan lelah, getaran mobil bisa membuat orang terlelap yang bisa berujung pada kecelakaan.

Prof Robinson pun menyarankan agar penelitian ini bisa jadi masukan bagi industri mobil. Sehingga mereka memperhitungkan getaran yang dihasilkan mobil guna menghindari kantuk saat berkendara.

“Untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara, kami berharap akan ada desain kursi mobil yang memiliki fitur untuk mencegah ngantuk dengan menghilangkan getaran,” tutupnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini