Beranda Nasional Ini Tanggapan MUI Terkait Usulan Kenaikan Biaya Haji

Ini Tanggapan MUI Terkait Usulan Kenaikan Biaya Haji

Ilustrasi - foto istimewa Payuung

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan usulan kenaikan biaya haji. Kenaikan ini hampir dua kali lipat, menjadi Rp69 juta.

Kenaikan ini mendapat respon beragam, pasalnya kenaikan biaya haji di Indonesia berbarengan dengan penurunan harga paket haji di Arab Saudi. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi banyak pihak, salah satunya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pihaknya bertanya-tanya terkait dengan kenaikan yang sangat signifikan ini.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Waketum MUI, Anwar Abbas.

“Kenaikan paling mencolok dari biaya haji tahun 2023 ini adalah menyangkut biasa akomodasi di Mekkah dan Madinah. Yang membuat kita bertanya-tanya adalah, apakah kenaikannya setinggi itu,” kata Anwar Abbas, Sabtu (21/1/2023).

Untuk itu, Anwar Abbas meminta agar pemerintah turun tangan dalam meninjau ulang kenaikan harga akomodasi ini. Takutnya ada permainan yang dilakukan oleh pengusaha Arab Saudi sehingga harga melesat naik.

“Kita meminta agar harga biaya akomodasi di Mekkah dan Madinah ditinjau ulang agar harganya wajar. Kita harapkan agar pemerintah Arab Saudi turun tangan dalam menstabilkan harga agar para jemaah tidak terbebani biaya yang besar,” pungkas Abbas.

(Red)