Beranda Politik Ini Program Airin Saat Paparkan Visi dan Misi di PKB Banten

Ini Program Airin Saat Paparkan Visi dan Misi di PKB Banten

Airin Rachmi Diany.

SERANG – Mantan walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengikuti pemaparan visi misi bakal calon gubernur di Kantor DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Banten, Senin (20/5/2024). Bakal calon gubernur Banten tersebut punya perhatian khusus terhadap bidang keagamaan.

Ia sudah menyiapkan visi misi, berikut program yang akan dilakukannya jika diberi amanah dan memenangkan Pilkada Banten.

Berbagai program Airin rencanakan di bidang keagamaan, mulai dari optimalisasi bantuan untuk pondok pesantren, pengembangan ekonomi umat, hingga beasiswa untuk para penghafal Alquran.

Airin menyebut bantuan untuk pondok pesantren harus berkelanjutan. Sebab berdasarkan hasil aspirasi dengan para kiai dan ulama, Airin menemukan banyak pondok pesantren yang masih membutuhkan dukungan dari pemerintah provinsi.

“Kita harus kembali dorong bantuan untuk pondok pesantren, jika ada kekurangan kita evaluasi. Kemudian bisa diberikan beasiswa untuk para penghafal Alquran,” kata Airin kepada wartawan.

Airin mendorong transparansi dan akuntabilitas bantuan pondok pesantren melalui aplikasi yang bisa diciptakan. Melalui sistem tersebut, masyarakat bisa melihat progres dan penerima bantuan. Namun jika ada pondok pesantren yang belum memahami sistem teknologi, maka Pemprov Banten bisa melakukan pendampingan sampai bisa mendapatkan bantuan.

“Terutama pondok pesantren salafiyah, ini sangat harus kita bantu. Landasan dan visi Banten adalah iman dan taqwa, maka program ke depan harus dimulai dari sisi penguatan keagamaan,” ujarnya.

Airin juga akan menciptakan pengembangan ekonomi umat. Menjadikan sumber daya pesantren bisa mandiri secara ekonomi. Para santri, kata Airin, bisa dilatih pengembangan usaha sehingga punya kemampuan entrepreneur.

Soal prestasi bidang keagamaan, Airin mampu menjadikan Kota Tangsel sebagai juara musabaqah tilawatil quran (MTQ) tujuh kali berturut-turut. “Tujuan utamanya bukan mengejar piala. Namun bagaimana kita bekerja sama dengan para ulama. Jadikan ulama untuk terus mendampingi kita. Kemudian kita memotivasi bagaimana para penghafal Alquran ini diberi beasiswa,” ujarnya.

Airin memiliki Visi ‘Mewujudkan Banten yang Beriman, Sejahtera, Unggul, Berkelanjutan, Sehat, dan Maju’. Menurut Ketua DPW PKB Banten, Ahmad Fauzi, Airin cukup memahami masalah, berikut solusi yang ditawarkan. “Kebersamaan para kiai juga cukup maksimal selama beliau di Tangerang Selatan. Visi misi beliau rasional dan proporsional,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News