Beranda Hukum Ini Persiapan Polres Serang Hadapi Operasi Lilin Kalimaya

Ini Persiapan Polres Serang Hadapi Operasi Lilin Kalimaya

Rapat koordunasi persiapan Operasi Lilin Kalimaya 2018/2019. (Foto: Wahyu/bantennews.co.id)

SERANG – Polres Serang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Eksternal Operasi Lilin Kalimaya 2018, di Aula Mapolres Serang, Jumat (14/12/2018). Hal itu untuk mempersiapkan pengamanan Natal dan malam pergantian Tahun Baru 2018/2019. Operasi Lilin Kalimaya 2018 akan dilaksanakan serentak mulai 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

Rakor yang dipimpin Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan ini dihadiri Dinas Perhubungan mewakili Bupati Serang, Pasie Ops mewakili Dandim 0602 Serang, Kejari Serang, Ketua MUI Serang, Wakapolres Serang, Kabag Ops, para Kapolsek serta perwakilan stakholder, seperti dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, PT Marga Mandala Sakti, Orari, dan lainnya.

Dalam sambutannya, AKBP Indra Gunawan mengatakan rapat kordinasi merupakan bahan evaluasi bagi para personel dalam mengamankan berlangsungnya Natal dan Tahun Baru. Selain itu merupakan bagian dari kesiapsiagaan mengecek sarana dan prasana yang dimiliki dalam menghadapi Operasi Lilin Kalimaya.

“Kegiatan Rakor ini untuk menjadi bahan evaluasi bagi para personel dalam mengamankan berlangsungnya Natal dan Tahun Baru. Kekurangan yang pada tahun sebelumnya bisa bisa diperbaiki,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan seluruh personil yang dilibatkan dalam operasi mulai menjalankan tugas pada tanggal 20 Desember 2018. “Pergeseran pasukan dimulai pada tanggal 20 Desember 2018. Seluruh personil yang terlibat sudah berada di tempat tugasnya masing-masing,” kata Kapolres.

Dikatakan Kapolres, sesuai arahan Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan, selain pengamanan tempat-tempat ibadah dan obyek wisata, para personel gabungan juga diinstruksikan untuk mengamankan wilayah yang rentan terjadi bencana. Koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), perlu diutamankan penanganan untuk mengantisipasi timbulnya korban.

“Sesuai instruksi Wakapolda, perlu antisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam. Koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), harus dilakukan sedini mungkin untuk mengantisipasi adanya korban. Serta kita akan menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan yang akan kita sebar di titik-titik terkait,” tegas Kapolres. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini