Beranda Kesehatan Ini Penyebab Puluhan Nakes Puskesmas Cihara Positif Covid-19

Ini Penyebab Puluhan Nakes Puskesmas Cihara Positif Covid-19

Tim Cekal (Cegah dan Tangkal) COVID-19 Disaster Managemet Center (DMC) Dompet Dhuafa sudah melakukan penyemprotan disinfektan - foto istimewa

LEBAK – Sebanyak 31 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Alhasil untuk sementara puskesmas tersebut ditutup mulai dari 29 Juni hingga 5 Juli 2021 mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 mulai dari Kepala Puskesmas, Kepala TU, PPTK BLUD, Bendahara, Bagian Administrasi Puskesmas, Administrasi Rujukan, petugas laboratorium, bidan, perawat, kesling, petugas kebersihan hingga sopir mobil ambulance.

Dikonfirmasi terkait kebenaran itu, Juru Bicara (Jubir) Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Dr Firman membenarkan bahwa puluhan petugas di Puskesmas Cihara terkonfirmasi positif Covid-19.

“Bukan hanya Nakes ada admin juga,” kata Firman saat dihubungi Bantennews.co.id Rabu (30/6/2021).

Menurut Firman, ada beberapa kemungkinan puluhan orang ini bisa tertular namun sejauh ini perkiraan terluarnya mereka karena kontak langsung dengan pasien yang positif.

“Dari penanganan pasen bersalin yang positif, ada dari merujuk pasen yang positif, ada dari pasen yang meninggal dan ada dari klaster keluarga,’ katanya.

Firman melanjutkan, puluhan petugas yang terkonfirmasi positif ini masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) sehingga mereka tidak dirawat secara khusus hanya melakukan isolasi mandiri.

“Tidak perlu dirawat karena tanpa gejala, kami juga atau orang yang kontak erat dengan mereka,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ