Beranda Peristiwa Ini Penyebab Kebakaran di Perkampungan Adat Baduy

Ini Penyebab Kebakaran di Perkampungan Adat Baduy

Warga Baduy yang sedang membersihkan sisa-sisa Kebakaran (Foto Andi/BantenNews.co.id)

LEBAK – Kebakaran yang melanda pemukiman masyarakat Baduy di Kampung Capakhuni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak pada Rabu (13/10/2021) kemarin membuat rumah hangus tak tersisa.

Informasi yang dihimpun sementara, penyebab kebakaran berasal dari tungku api di salah satu rumah yang membuat api menjalar cepat lantaran material konstruksi bangunan yang rentan terbakar karena terbuat dari kayu, bambu dan atap daun.

Samin warga Capakhuni, Desa Kanekes mengatakan bahwa saat insiden itu terjadi dirinya sedang berada di ladang.

“Saya lagi bersih-bersih, rumah hangus terbakar tak tersisa. Di rumah tidak siapa-siapa, semua harta benda habis,” ungkap Samin.

Selain berharap adanya uluran tangan dari dermawan, masyarakat setempat juga berharap agar situasi desa pasca insiden tersebut dapat kembali normal seperti sedia kala.

Sisa arang bangunan yang terbakar di perkampungan adat masyarakat Baduy.

“Harapannya, mudah-mudahan supaya cepat seperti semula lagi. Cepat ditangani, semoga ada simpatisan yang membantu. Alhamdulillah tidak korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Mukri.

Kerugian yang ditaksir atas kebakaran ini mencapai Rp820 juta. Saat ini BPBD Kabupaten Lebak mendirikan satu tenda pengungsian.
Pendistribusikan bantuan logistik kedaruratan, terpal dan bahan makanan pokok untuk dapur umum juga sudah disiagakan. (Mg-And/Red)