Beranda Hukum Ini Komentar Jaman Setelah Diperiksa Bawaslu

Ini Komentar Jaman Setelah Diperiksa Bawaslu

103
0
Mantan Walikota Serang Haerul Jaman usai diperiksa Bawaslu Banten. (Foto: Ade/bantennews.co.id)

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten memeriksa calon legislatif (caleg) DPR RI Tb Haerul Jaman selama tiga jam lebih. Mantan walikota Serang dua periode tersebut diperiksa dalam dugaan kampanye yang melibatkan kepala desa pada rapat kerja (raker) Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) beberapa waktu lalu.

Jaman mengatakan pihaknya datang karena memenuhi undangan dari panitia raker Apdesi. Ia diundang sebagai Dewan Pembina Apdesi Kabupaten Serang.

“Saya diundang pada raker Apdesi sebagai pembina. Yang harus diketahui, saya jadi pembina bukan berarti saya mantan Walikota Serang. Tapi secara emosional saya sudah lama menjalin komunikasi dengan forum kepala desa, sejak mereka memperjuangkan UU Desa, jadi kami saling mengisi dan komunikasi,” ujarnya, Rabu (10/10/2018).

Pada kesempatan tersebut, Jaman menampik melakukan kampanye terkait pencalonan dirinya sebagai caleg DPR RI pada pemilu 2019. Ia mengaku hanya menyampaikan gagasan-gagasannya terkait perkembangan program Apdesi. Kemudian memberikan motivasi-motivasi kepada para kepala desa.

“Saya di sana tidak berkampanye, tidak ada bahasa untuk mengajak memilih saya dan mencoblos saya. Itu tidak saya sampaikan. Jadi tidak ada pada raker Apdesi tersebut. Saya hanya mengajak kepada para kepala desa untuk saling mendoakan dan ngasih motivasi-motivasi pada mereka,” ucapnya. (Dhe/Red)