Beranda Kesehatan Ini Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Ini Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

JAKARTA – Kebutuhan kalori merupakan jumlah energi yang tubuh dapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Saat energi tubuh sudah terpenuhi, maka tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Jumlah kalori yang dibutuhkan bisa saja berbeda dengan orang lain. Ada berbagai faktor yang memengaruhi, seperti jenis kelamin dan usia.

Dilansir dari berbagai sumber, dengan mengonsumsi jumlah kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh mampu mengoptimalkan kesehatan dan memberikan umur yang lebih panjang.

Jumlah yang dibutuhkan tubuh pun berbeda-beda setiao individu. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

• Usia. Anak-anak dan remaja membutuhkan jumlah yang lebih banyak daripada orang dewasa.

• Gaya hidup. Seseorang yang memiliki aktivitas berat membutuhkan jumlah yang lebih banyak.

• Berat badan. Kondisi tinggi dan berat badan juga dapat memengaruhi jumlah untuk beraktivitas.

• Pengobatan. Penggunaan beberapa obat membuat tubuh membutuhkan jumlah yang lebih banyak.

• Riwayat kesehatan. Kondisi riwayat kesehatan seseorang juga bisa memengaruhi kebutuhan jumlah oleh tubuh.

Mengetahui jumlah kalori yang tubuh perlukan mm menjadi lebih mudah dalam menentukan asupan yang perlu kamu konsumsi setiap harinya. Berikut ini jumlah berdasarkan usia dan kegiatan:

1. Dewasa

Asupan kalori yang dibutuhkan untuk wanita dewasa berkisar antara 1.600-2.400 kkal, disesuaikan dengan tingkat aktivitas. Semakin tinggi aktivitas yang dilakukan, maka akan semakin banyak kalori yang tubuh perlukan.

Sementara itu, untuk pria jumlah asupan kalorinya lebih banyak daripada wanita. Per harinya mereka membutuhkan 2.200-3.200 kkal sesuai dengan aktivitasnya.

Jika memiliki aktivitas yang tidak terlalu tinggi atau memasuki usia lanjut, jumlahnya akan cenderung lebih kecil dari rata-rata. Namun, jika aktivitas kamu tinggi, sedang hamil atau menyusui, maka kebutuhannya akan mendekati angka yang paling tinggi.

2. Remaja

Usia anak remaja wanita yang berusia 13 tahun membutuhkan jumlah kalori sekitar 1.600-2.200 kkal. Untuk remaja pria usia 13 tahun membutuhkan 2.000-2.600 kkal.

Jumlah ini akan terus meningkat seiring pertambahan usia. Anak remaja wanita usia 14-18 tahun membutuhkan 1.800-2.400 kkal. Sedangkan pria 14-18 tahun, membutuhkan 2.000-3.200 kkal setiap harinya.j

3. Anak-Anak

Anak-anak dengan umur 2-3 tahun membutuhkan 1.000-1.400 kkal setiap hari. Sedangkan pada usia 4-8 tahun, untuk anak perempuan membutuhkan 1200-1800 kkal, dan laki-laki membutuhkan 1.200-2.000 kkal.

Usia anak perempuan usia 9-13 tahun membutuhkan 1.400-2.200, dan 1.600-2.600 untuk laki-laki pada usia yang sama.  (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini