Beranda Pemilu 2024 Ini Jadwal Hingga Tema Debat Terakhir Cawapres 2024

Ini Jadwal Hingga Tema Debat Terakhir Cawapres 2024

Cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. [Grafis Suara.com/Iqbal]

JAKARTA – Debat Pilpres 2024 sesi calon wakil presiden (cawapres) akan digelar pada Minggu (21/1/2024) di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Ketiga cawapres nantinya akan beradu ide serta gagasan sesuai tema yang telah ditentukan.

Tema yang dibahas pada debat cawapres yakni Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Pembangunan Berkelanjutan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Debat kali ini menjadi debat kedua sekaligus terakhir antara cawapres sebelum hari pemilihan.

Para cawapres yakni dari nomor urut 01 Muhaimin Iskandar, nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 03 Mahfud MD akan bertemu di ajang debat yang dilaksanakan pukul 19.00 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan moderator debat keempat Pilpres 2024, yaity Zilvia Iskandar jurnalis Metro TV dan Retno Pinasti dari jurnalis SCTV.

Sesuai Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, total keseluruhan durasi debat adalah 150 menit. Di mana durasi khusus debat yakni 120 menit yang terbagi dalam enam segmen, sedangkan 30 menit adalah iklan.

Enam segmen debat itu pada segmen pertama berisi pembukaan, pembacaan tata tertib, dan penyampaian visi-misi serta program kerja. Pada segmen kedua terdapar pendalaman visi-misi dan program kerja.

Beralih ke segmen ketiga ada pendalaman visi-misi dan program kerja yang dilakukan moderator. Kemudian di segmen keempat dan kelima ada sesi tanya jawab serta sanggahan. Di segmen keenam atau terakhir terdapat penutupan.

Berikut jadwal dan tema debat Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU.

• Debat Pertama telah dilakukan pada Selasa, 12 Desember 2023

Tema debat Capres ini adalah Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga, Pemerintahan, Hukum, dan HAM.

• Debat Kedua telah dilakukan pada Jumat, 22 Desember 2023

Tema debat Cawapres yakni Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

• Debat Ketiga telah dilakukan pada Minggu, 7 Januari 2024

Tema debat Capres adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

• Debat Keempat akan dilaksanakan pada Minggu, 21 Januari 2024

Tema debat Cawapres adalah Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

• Debat Kelima akan dilaksanakan pada Minggu, 4 Februari 2024

Tema debat Capres adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

(Nin/Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News