Beranda Gaya Hidup Ini Ide Bijak Mengelola Keuangan Demi Masa Depan

Ini Ide Bijak Mengelola Keuangan Demi Masa Depan

Ilustrasi memperbaiki kesehatan keuangan pascalebaran - foto istimewa

SERANG – Mengelola keuangan memang menjadi tantangan bagi banyak orang, baik bagi yang masih belajar hidup mandiri atau mereka yang telah berkeluarga. Namun, pernahkah kamu bertanya, mengapa pentingnya mengelola keuangan? Pertanyaan ini memiliki banyak jawaban: misalnya, mempersiapkan dana untuk pernikahan, mempersiapkan dana pendidikan anak, atau bahkan untuk membeli property.

Mengelola keuangan mungkin terlihat sulit, tetapi sebetulnya cukup mudah asalkan kamu mengetahui beberapa triknya.

Berikut adalah beberapa ide cerdas untuk membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih baik demi masa depan yang lebih cerah dari PFI Mega Life.

1.       Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Trik pertama yang harus kamu kuasai adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tentunya, prioritaskan yang merupakan kebutuhan dan bijaklah dalam menentukan keinginan.

2.       Buat Rencana Keuangan

Selanjutnya, cobalah membuat rencana keuangan. Di sini, kamu bisa mengkategorikan segala jenis pengeluaran, mulai dari kebutuhan belanja bulanan, pengeluaran, donasi, hingga dana darurat. Mengatur rencana keuangan bisa dilakukan dengan cara tradisional, seperti mencatat di buku, atau dengan bantuan aplikasi digital di handphone atau website.

3.       Menabung dan Investasi

Dana yang tersisa setelah memenuhi semua kebutuhan sebaiknya dialokasikan untuk ditabung dan diinvestasikan. Di era digital ini, kegiatan menabung dan berinvestasi menjadi semakin mudah dengan adanya berbagai aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone.

4.       Asuransi

Asuransi tentunya menjadi elemen penting dalam pengelolaan keuangan, baik untuk individu yang masih lajang maupun bagi mereka yang telah berkeluarga. Asuransi membantu melindungi dari berbagai risiko potensial, sehingga beban pengeluaran tidak menjadi terlalu berat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini