Beranda Pemilu 2024 Ini Deretan Partai yang Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Ini Deretan Partai yang Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Prabowo Subianto - foto istimewa tempo.co

SERANG – Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan dukungannya terhadap Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Dukungan tersebut disampaikan secara langsung di depan sang capres dan jajaran Partai Gerindra.

Tepatnya, deklarasi itu dilakukan pada hari peringatan Milad ke-25 PBB di Indonesia Convention Exhibition ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).

Yusril Mahendra selaku Ketua Umum PBB mengaku telah lama merenungkannya dan berakhir pada kesimpulan berupa dukungan tersebut.

“Lama saya merenungkannya. Kalkulasi ini tidak semata-mata kalkulasi rasional, tapi juga satu perhitungan-perhitungan yang membuat saya sampai pada kesimpulan sekali ini PBB harus memutuskan untuk mencalonkan Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia,” kata Yusril.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut deretan partai yang resmi dukung Prabowo di Pilpres 2024.

Baca Juga:Banyak Aktivis 98′ Kecewa Budiman Sudjatmiko Temui Prabowo, Adian Napitupulu: Aku Enggak Mau Mikirin

1. Partai Gelora Kalimantan Selatan

Partai Gelombang Rakyat Indonesia atau Gelora Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan dukungannya terhadap Prabowo Subianto. Dukungan ini disampaikan sebagai hasil pertemuan 13 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan di Treepark Hotel Banjarmasin.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Kalsel H Riswandi menyampaikan dukungan ini sebagai langkah menetapkan figur yang sesuai dengan visi partai politiknya. Ia menilai Prabowo mampu mencegah polarisasi dan disintegrasi bangsa.

“Kami DPW dan DPD se-Kalsel mengusulkan ke Dewan Pimpinan Nasional (DPN ) Gelora untuk memberikan dukungan penuh kepada H. Prabowo Subianto sebagai Capres dalam Pilpres 2024,” tegas Riswandi.

2. PKB

Baca Juga:Survei Elektabilitas Kalah dari Prabowo dan Ganjar, Anies: Angka Sesungguhnya Itu 14 Februari Bukan Sekarang

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden di Pemilu 2024. Ketua DPP PKB Faisol Riza menyebut sebagai mitra koalisi Gerindra, tentunya PKB mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

PKB mengaku telah berkomunikasi secara intens dengan Golkar untuk membentuk koalisi besar bersama Gerindra. Faisol mengatakan kesepakatan PKB dan Gerindra mengusung Prabowo sebagai capres telah dibicarakan dari ahti ke hati.

“Yang pertama bahwa PKB mengusung Prabowo sebagai capres. Itu harus dicatat,” kata Faisol dalam konferensi pers usai pertemuan tim inti pembentukan koalisi besar bersama Golkar di Resto Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023).

3. PBB

Partai Bulan Bintang mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden atau capres pada Pemilihan Umum 2024.

Deklarasi itu dirangkaikan dengan peringatan Milad ke-25 PBB di ICE BSD, Tenggerang, Banten.

“Insyaallah PBB telah menyatakan kesepakatan Pak Prabowo untuk menjadi capres,” kata Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra pada Minggu (30/7/2023).

PBB meyakini Prabowo akan memenangkan pertarungan pada Pemilu 2024. Yusril juga mengajak partai politik lain untuk bersama-sama mendukung Prabowo Subianto, khususnya partai yang sampai hari ini belum memutuskan bakal capresnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini